IbK PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN BAGI MAHASISWA DAN ALUMNI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE

Muhammad Siri, Buhaerah Buhaerah, Andi Arafah

Sari


Program Pengembangan Kewirausahaan Bagi Mahasiswa dan Alumni di Universitas Muhammadiyah Parepare. Tujuan Program IbK ini adalah 1) Terciptanya wirausaha baru mandiri yang berbasis ipteks bagi mahasiswa dan alumni; 2) Meningkatnya keterampilan manajemen usaha dan manajemen keuangan; 3) Menciptakan metode pelatihan kewirausahaan yang sesuai bagi mahasiswa yang sedang merintis wirausaha; 4) Melaksanakan pendampingan pada mahasiswa yang sudah memulai membuka usaha baru. Metode yang digunakan dalam program ini adalah 1) Program pengembangan kewirausahaan; 2) menghasilkan lima wirausaha baru bagi mahasiswa pada tahun 2014; 3) Metode pendekatan yang diterapkan: pelatihan kewirausahaan Pola pembimbingan mahasiswa dan alumni yang sudah merintis usaha baru; 4) Melakukan kolaborasi dengan lembaga sejenis di luar kampus yaitu melalui Kopkar Mata Hari Terbit Perguruan Muhammadiyah; 4) Program pengembangan kewirausahaan yaitu melakukan pelatihan, pendampingan, dan pembinaan serta subsidi pembiayaan berupa pembelian alat bagi usaha baru yang dihasilkan oleh program tersebut. Melaksanakan pelatihan kewirausahaan dan workshop. Waktu pelaksanaan selama 5 (lima) hari. Jumlah peserta 21 orang per angkatan. Materi pelatihan yaitu: Manajemen wirausaha untuk meningkatkan pemahaman manajemen, organisasi, dan produksi. Studi kelayakan usaha dan kiat untuk membuka wiarausaha baru. Administrasi keuangan. Kiat dalam pelakasanaan pemasaran. Keterampilan dalam membangun kemitraan. Memahami Perbankan komvensional dan Perbankan Syariah. Melaksanakan workshop kelompok berdasarkan jenis usaha yang diminati. Evaluasi kegiatan program terkait dengan hasil dari workshop kelompok dan menetapkan kelompok binaan yang akan diberi bantuan berupa peralatan untuk mengelola jenis usaha sebesar Rp.5.000.000. (lima juta rupiah) setiap individu/kelompok. Menghasilkan 5 wirausaha baru mandiri berbasis ipteks pada Tahun 2014. Rencana pelaksanaan program IbK pada tahun-tahun selanjutnya adalah: Melakukan pelatihan yang bersifat teknis terkait dengan penerapan keterampilan manajemen usaha bagi mahasiswa dan alumni. Melaksanakan metode pelatihan kewirausahaan yang sesuai minat dan keinginan bagi mahasiswa yang sedang merintis wirausaha. Melaksanakan pendampingan dan pembinaan pada mahasiswa yang sudah membuka usaha baru.

Kata Kunci: Kewirausahaan, manajemen keuangan; pembiayaan; magang; kolaborasi.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Drucker, Peter F. 1994. Innovation and Entrepreneurship: Practicer and Principles. Penerjemah Rusdi Naib. Jakrta: gelora Aksara Pratama.)

Gede, Anggan Suhamdana. 1980. Pengaruh Kepariwisataan terhadap Perilaku Kewirausahaan Pengrajin Ukir Kayu di Bali. Disertasi. Bandung: IKIP.

Hawkin, Kerleen. L. & Peter A. Turla. 1986. Tes Your Entrepreneurial IQ. Barbara Publisher.

Hariss, Miichael. 2000. Human Recources Management. USA.

Heidjrachman, Ranupandoyo. 1987. Teori dan Konsep Manajemen, Yogyakarta: BPFE- UGM.

JD Donahue. 2012. Cost Benefit Analysis and Project Design

JP. Gittinger. 2013. Economic Analysis of Agricultural Project, World Bank

Kasmir. 2007. Kewirausahaan. Raja Grafindo Persada; Jakarta.

Kuriloff, Athur H., John M.Mephil, Jr. Douglas Cloud. 1993. Starting and Managing the Small Businness 3 ed. New York: McGraw Hill.

Meredith G. Goeffrey. 1996. Kewirausahaan: Teori dan prektek. Jakarta: Pustaka Binaman Presindo.

Suryana. 2008. Kewirausahaan. Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Selemba Empat; Jakarta.

Sujuti, Jahja. 1997. Penelitian Tentang Kewirausahaan Dalam Rangka Pengembangan Disiplin Ilmu Keweirausahaan. Makalah Seminar Nasional. Jatinangor: IKOPIN. Ex. 4,6.

Scarborough, Norman M., Thomas W. Zimmerer. 1993. Effective Small Business Management 4th ed. New York: Mac-Millan Publ. Compeny Pengembangan Disiplin Ilmu Kewirausahaan. Makalah Seminar Nasional. Jatinangor: IKOPIN. Ex. 4,6.

Soemarsono, Wijandi. 1988. Pengantar Kewirausahaan. Bandung Sinar Baru.

Soeparman, Somahamidjaja. 1997. Falsafah Pengembangan Disiplin Ilmu Kewirausahaan di Perguruan Tinggi dalam Konteks Pembangunan di Indonesia. Makalah Seminar. Jatinangor: PBI-IKOPIN dan FNSt.

Soeharto, Prawirakusumo. 1997. Peran Perguruan Tinggi dalam Dalam Menciptakan Wirausaha-Wirausaha Tangguh. Makalah Seminar Jatinangor: PBIIKOPIN dan FNSt.

Swasono, Sri Edi. 1979. Penelitian Tentang Kewirausahaan dalam Rangka Pengembangan Disiplin Ilmu Kewirausahaan. Makalah Seminar Nasional. Jatinangor: IKOPIN. Ex. 4,6.

Wirasasmita, Yuyun. 1987. Kerja Sama Perguruan Tinggi dengan Lembaga Perbangkan dan Keuangan Lainnya dalam Menciptakan Wirausaha-Wirausaha Baru. Hasil Seminar. Bandung: LM-UNPAD.

Zimmerer W. Thomas, Norman M. Scarbrough. 1996. Entrepreneurship and New Venture Formation. New Jersey: Prentice Hall Internasional. Inc.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 45 times
Tidak berjudul - 116 times