PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI DIFERENSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA3 SMAN I PALOPO

Baharuddin Baharuddin

Sari


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi diferensial atau turunan fungsi melalui penerapan pembelajaran berbasis PAIKEM. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Palopo semester gazal tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan (1) tahap perencanaan (2) tahap pelaksanaan tindakan (3) tahap observasi dan evaluasi (4) tahap refleksi. Siklus I dan II masingmasing dilaksanakan selama 5 kali pertemuan. Cara pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk data tentang keadaan siswa selama proses pembelajaran pada saat pelaksanaan tindakan dan memberikan tugas dan tes untuk data hasil belajar siswa pada materi diferensial. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif yaitu dengan menggunakan statistik diskriptif. Hasil pembahasan disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan pembelajaran berbasis PAIKEM pada siklus I adalah 61,00 yang termasuk dalam kategori sedang dengan standar deviasi 12,95; sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 74,84 termasuk dalam kategori tinggi dengan standar deviasi 12,21. Terjadi peningkatan ratarata hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan pembelajaran berbasis PAIKEM dari Siklus I ke Siklus II sebesar 13,84. Penerapan pembelajaran berbasis PAIKEM dapat membangkitkan semangat, kreativitas, motivasi, dan minat siswa dalam belajar matematika, disamping itu siswa merasa bertangung jawab dalam mengikuti proses pembelajaran dan menumbuhkan sikap percaya diri serta keberanian siswa dalam mengeluarkan pendapat.

Kata kunci: Pembelajaran berbasis PAIKEM, matematika materi diferensial, dan hasil belajar siswa

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Baharuddin. 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X5 SMA Negeri 1 Palopo. PTK. Tidak diterbitkan.

Himpunan Perundang-Undangan Republik Indonesia. 2009. Tentang Badan Pendidikan Nasional. M. P. Media Purana. Bandung.

Jauhar. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai

Konstruktivistik. Pretasi Pustakaraya. Jakarta

Muhammad Arif Tiro. 2008. Dasar-dasar Statistika. Andira Publisher. Makassar.

Made Wena. 2009. Strategi Pembeljaran Inovatif Kontemporer. Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara. Jakarta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kencana. Jakarta.

Tampomas. 2006. Seribu Pena Matematika SMA Untuk Kelas XI. Erlangga. Bogor.

S. Arikunto, Suhardjono, Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 23 times
Tidak berjudul - 180 times