PENGEMBANGAN PENUNTUN TUGAS KINERJA PRAKTIKUM MAHASISWA DI LABORATORIUM BIOLOGI

Fitriyah Karmila, Khaerati Khaerati

Sari


Penelitian ini bertujuan Untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat tugas kinerja mahasiswa sehingga diperoleh alat penilaian yang valid, reliabel, dan praktis.Penelitian ini adalah pengembangan perangkat dengan menggunakan model riset pengembangan tipe formatif research. Pada penelitian menggunakan satu rombel sebagai subjek penelitian dan satu rombel lagi untuk uji coba small group dimana jumlah mahasiswa pada small group hanya 20 orang sedangkan pada subjek penelitian terdiri atas 40 orang mahasiswa. Instrumen penelitian berupa (i)lembar penilaian kelayakan, (ii) lembar observasi keterlaksanaan (iii) angket respon dosen dan (iv) lembar validasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan maka dapat disimpulkan beberapa hal pokok (1)Pengembangan penuntun tugas kinerja praktikum mahasiswa di laboratorium Biologi dengan model pengembangan tipe formatif research dengan tiga tahap yaitu: (a) self evaluation yang terdiri atas analisis dan desain, (b) prototyping yang terdiri dari expert review, one-to-one dan small group; (c) field test. (2) Penuntun tugas kinerja praktikum mahasiswa di laboratorium biologi yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi ahli dan analisis data uji coba yang dilakukan menunjukkan bahwa perangkat assesmen kinerja pada mata kuliah zoologi invertebrata tersebut memenuhi kriteria valid,reliable dan praktis.

Kata Kunci: Praktium, Kinerja, Biologi

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Badan Standar Nasional. 2007. Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Diknas

Mardapi. 2004. Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: HEPI.

Rahayu, T., Purwoko & Zulkardi. 2008. Pengembangan Instrumen Penilaian dalam Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di SMPN 17 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), Vol. 2. No. 2.

Rustaman, N.Y. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI. Bandung: IMSTEP.

Wulan, A.R. 2009. Penilaian Kinerja dan Portofolio dalam Pembelajaran Biologi. FPMIPA. Universitas Pendidikan Indonesia.

Zainul, A. 2001. Alternative assessment. Jakarta : Ditjen Dikti Depdiknas.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.