MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING

Andi Tenriawaru

Sari


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri Sungguminasa II melalui pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa 33 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus, siklus I terdiri 4 pertemuan dan siklus II terdiri dari 4 pertemuan. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar dalam bentuk uraian pada setiap akhir siklus sesuai dengan materi yang diajarkan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, secara kualitatif terjadi beberapa perubahan, yaitu siswa menunjukan sikap antusias untuk mengikuti pelajaran, keberanian bertanya, meminta bimbingan dan menanggapi apa yang disampaikan mengenai materi yang belum dimengerti menjadi meningkat. Sedangkan secara kuantitatif, terjadi peningkatan skor rata-rata hasil belajar matematika siswa Kelas III SD Negeri Sungguminasa II yaitu dari kategori sedang dengan skor rata-rata 67,3 setelah pelaksanaan tindakan Siklus I menjadi kategori tinggi dengan skor rata-rata 82,3 setelah pelaksanaan Siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada siswa Kelas III SD Negeri Sungguminasa II Kabupaten Bone dalam proses pembelajaran, maka hasil belajar matematika, kehadiran, kesiapan dan keaktifan siswa dapat meningkat.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Kooperatif tipe Snowball Throwing

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Abimanyu Soli. 2008.Pengajaran Mikro. Makassar : Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar

Ernawati. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Pada Siswa Kelas VIIA SMP Guppi Samata Kab.Gowa. Makassar : Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ibrahim Kisman. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII1 SMP Negeri 3 Bolo Kabupaten Bima Melalui Pembelajaran Matematika Realistik.Makassar.: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Iskandar. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jambi : Gaung Persada Press

Pribadi Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Dian Rakyat

Sanjaya Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana

Suprijono Agus. 2009. Cooperative Learning. Surabaya : Pustaka Pelajar

Slavin R.E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset & Praktik. Bandung : Nusa Media

Sharan Shalomo. 2009. Handbook of Cooperative Learning. Yogyakarta :

Imperium

Trianto, 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta : Kencana

Uno Hamsah B. 2009. Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara

Yatim, Rianto. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 23 times
Tidak berjudul - 145 times