KEEFEKTIFAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WATAMPONE

Sugian Nurwijaya

Sari


Penelitian ini adalah penelitian eksprimen dengan menggunakan satu kelas sebagai kelas uji coba yaitu kelas VIII3 dengan jumlah siswa 38 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Watampone dengan mengacu pada 3 kriteria keefektifan pembelajaran yaitu tercapainya ketuntasan secara klasikal, aktifitas siswa sekurang-kurangnya 75% terlibat aktif dalam kelas, dan diatas 80% siswa menunjukkan respon positif terhadap pelaksanaan pendekatan pemecahan masalah matematika. Penelitian dilaksanakan selama 5 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar yang diberikan kepada siswa pada akhir pokok bahasan, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung, dan angket respons siswa untuk mengetahui tanggapan dan saran siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika realistik. Hasil uji coba menunjukaan bahwa : (1) skor rata-rata tes hasil belajar siswa adalah 74,63 dan berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 14,72 dimana skor terendah yang diperoleh adalah 34 dan skor tertinggi adalah 94 dari skor ideal 100. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 33 siswa atau 86,84% mencapai ketuntasan individu dan ini berarti bahwa ketuntasan secara klasikal tercapai. (2) Rata-rata kategori aktivitas siswa mencapai 77,73%. (3) angket respons siswa menunjukkan 82,11% siswa memberikan respon positif terhadap pelaksanaan pendekatan pemecahan masalah matematika. Berdasarkan hasil uji coba maka pendekatan pemecahan masalah matematika efektif diterapkan pada siswa kelas VIII3 SMP Negeri 1 Watampone.

Kata Kunci: Pendekatan Pemecahan Masalah, Keefektifan

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Abdurrahman, M., 1999. Pendidikan Bagi Anak yang Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Jaya, H., 2003. Pembelajaran Kontekstual Sebagai Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (Kurikulum 2000). Majalah dunia pendidikan, No. 4.4 Tahun XXVIII, 25-27.

Sahabuddin, 1999. Mengajar dan Belajar. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suherman, E.H. dkk., 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Tiro, M.A., 2000. Dasar-dasar Statistika. Makassar: UNM.

Upu, H., 2003. Problem possing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.

(http://tips-belajar-internet.blogspot.com/2009/08/efektivitas-pembelajaranmatematika.html)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.