KEEFEKTIFAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Fahrul Basir, Karmila Karmila

Sari


Penelitian ini adalah penelitian eksperiman semu yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan strategi konflik kognititf berdasarkan aspek pemahaman konsep siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Makassar yang terdiri dari sembilan kelas dan sampel dipilih yakni kelas X.8 yang diajar dengan strategi konflik kognitif yang dipilih dengan teknik Cluster Random Sampling. Data yang dikumpulkan terdiri atas data pemahaman konsep matematika siswa, data aktivitas siswa dan respon siswa terhadap perangkat pembelajaran. Data aktivitas siswa dan respon siswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data pemahaman konsep matematika siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan strategi konflik kognitif dengan rata-rata pemahaman konsep siswa 86,46, serta terjadi peningkatan pemahaman konsep siswa 0,84. Aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada kategori sangat baik serta respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran berada dalam kategori positif. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan š¯›¼ = 0,05 dengan uji-t menunjukan bahwa penerapan strategi konflik kognititf dengan materi pokok dimensi tiga di kelas X SMA Negeri 16 Makassar efektif terhadap pemahaman konsep siswa.

Kata Kunci : Keefektifan, Konflik Kognitif, Pemahaman Konsep

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Asdar. 2012a. Strategi Konflik Kognitif dalam Pemecahan Masalah Geometri Siswa SMA di Kota Makassar. Prosiding SNMPM Universitas Sebelas Maret 2012.

Asdar. 2012b. Konflik Kognitif Mahasiswa Berkemampuan Kalkulus Rendah dalam Pemahaman Limit. Prosiding SNMPM Universitas Sebelas Maret 2012.

Dahlan, Jarnawi Afgani dkk. 2012. Implementasi Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif Dalam Upaya Meningkatkan High Order Mathematical Thinking Siswa. Jurnal Pendidikan, Volume 13, Nomor 2, September 2012, 65-76. Bandung : FPMIPA UPI

Hutajulu, Masta. 2011. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa Sekolakh Menengah Atas Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Bandung Volume 1 Tahun 2011

Kesumawati, Nila. 2008. Pemahaman Konsep Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding FKIP Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang 2008.

Kwon, J. & Lee, G.2001. What Do You Know About Studentsā€™ Cognitive Conflict: A Theoretical Model of Cognitive Conflict Process. Proceedings of 2001 aets annual meeting, Costa Mesa, CA, pp. 309-325.

Ruseffendi, E. T. 2006. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangakan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA). Bandung: Tarsito.

Sumarmo, U. 2006. Kemampuan pemahaman dan Penalaran Matematika Siswa SMA Dikaitkan dengan Kemampuan Penalaran Logik Siswa dan Beberapa Unsur Proses Belajar-Mengajar. Disertasi pada FPS UPI : tidak diterbitkan.

Watson. (2002). Creating cognitive conflict in a controlled research setting:

Sampling. Diambil dari web: http://www.stat.auckland.ac.nz/~iase/publications/1/6a1_wats.pdf. Diakses 23 Desember 2013.

Zulkardi. 2003. Pendidikan Matematika di Indonesia : Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang : Unsri.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 43 times
Tidak berjudul - 149 times