EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN TEORI BELAJAR BRUNER

Syamsur Rijal

Sari


Permasalahan pokok pada penelitian ini adalah.Apakah penerapan Teori Belajar Bruner lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika? Adapun sub pokok masalahnya yaitu:1. Bagaimanakah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya tidak menerapkan Teori Belajar Bruner?2. Bagaimanakah hasil belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan Teori Belajar Bruner?3. Apakah penerapan Teori Belajar Bruner lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika?Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Teori Belajar Bruner lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika.

Kata Kunci:Teori Belajar Bruner,Konvensional,Evektivitas.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Ali, H M. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru, t.th.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Budiningsih, Asri. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: Diponegoro, 2008.

Dimyati. Belajar dan Pembelajara. Jakarta:Rineka Cipta,2009.

Dimyati dan Mudjiono. belajar dan pembelajara. Jakarta: Rineka Cipta,2006.

Dokumen Tata Usaha SMP Negeri 4 Malangke.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.

Hasmina. Hubungan Antara Kemampuan Numerik dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Malangke Barat. Skripsi Pendidikan Matematika STAIN Palopo, 2013.

http://digilib.iain-tulungagung.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=iainta-st-ikanursafi-40 (23 Juni 2014).

https://lib.atmajaya.ac.id/default.aspx?tabID=61&src=k&id=180912 ( 23 juni 2014).

http://juandi199.blogspot.com/2013/01/penerapan-teori-belajar-penemuanbruner.html (24 Februari 2014).

http://eka-yanuarti.blogspot.com/2010/12/teori-kognitifisme-jeromebruner.html (26 Februari 2014).

http://suhermansyam020f03.blogspot.com/2012/11/pengertian-efektivitas.html (25 Agustus 2014).

http://mureeuz88.blogspot.com/2011/09/meningkatkan-hasil-belajarmatematika.html ( 25 Februari 201).

Makmur. Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Kompetensi Dasar Persegi Panjang Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pomala. Skripsi.

Pendidikan Matematika STAIN Palopo, 2011. td.

Nasution S. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar, Cet XIII; Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Nuharini, Dewi dan Tri Wahyuni. Matematika Konsep dan Aplikasinya Untuk SMP/MTSKelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Nurdin. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemmpuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Surabaya: PPs UNESA, 2007.

Riduwan. Belajar Mudah Penelitian. Cet.VI; Bandung: Alfabeta, 2010.

Rusfendi. E.T et.al., Pendidikan Matematika III. Ed. I; Jakarta: Universitas Terbuka, 1991.

Sahertian, Pieta. Konsep Dasar dan Superpisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta 2000.

Sanjaya, Wina. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Subana M, et.al. Statistik Pendidikan. Cet.II; Bandung : Pustaka Setia, 2005.

Sugiono. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta, 1998.

Sugiono. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta , 2011.

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Syah, Muhibin M, Ed. Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya. t.th.

Syaodih, Sukmadinata Nana. Metode Penelitian Pendidikan, (Cet, III; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Usman, Husaini dan R. Purnomo Setiady Akbar. Pengantar Statistika. Jakarta: 2000.

Wigoyo, A. et.al., Pegangan Belajar Matematika 1 Untuk SMP/MTSKelas VII, Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.

Sufyana,Skripsi,Efektivitas Penerapan Teori Belajar Bruner Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Malangke Kabupaten Luwu Utara. Skripsi. Pendidikan Matematika STAIN Palopo, 2015. td.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 315 times
Tidak berjudul - 197 times