IMPLEMENTASI LESSON STUDY PADA MATA KULIAH KALKULUS LANJUT PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

Syamsir Sainuddin

Sari


Kegiatan Lesson study pada Mata kuliah kalkulus lanjut merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menentukan strategi dan media yang tepat untuk menunjang pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan kalkulus mahasiswa serta meningkatkan kreativitas dosen dalam memilih dan mengembangkan strategi dalam pembelajaran. Kegiatan lesson study ini dilaksanakan pada tanggal 16 April 2015 sampai tanggal 11 Mei 2015 pada mata kuliah kalkulus yang diampu oleh dosen model dan observer yang terlibat dalam kegiatan ini, serta melibatkan beberapa dosen pengampu dari mata kuliah statistika, teori peluang, dan persamaan diferensial. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 siklus. Hasil dari kegiatan ini adalah: pembelajaran di kelas lebih dinamis ditandai dengan semangat mahasiswa dalam bertanya dan menjawab soal lebih tinggi frekuensinya, pemahaman mahasiswa lebih baik, masalah pembelajaran yang sering dialami oleh dosen pengampu dapat teratasi.

Kata Kunci: Lesson Study, Kalkulus Lanjut.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Hendayana, S., dkk. (2006). Lesson Study: suatu Strategi untuk Meningkatkan

Keprofesionalan Pendidikan (Pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung UPI Press.

Purcell, Edwin J., Dale Varbeg dan Steven E. Ridgon (20010). Kalkulus, Jilid 1, edisi kesembilan, alih bahasa I Nyoman Susila, Ph.D., Penerbit Erlangga, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.