PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MELALUI LESSON STUDY

Suhardi Suhardi

Sari


Adanya gelombang globalisasi yang mengisyaratkan terjadinya persaingan disemua lini. Indonesia harus mempersiapkan guru sebagai pendidik yang memiliki profesionalisme yang tinggi dan mampu bersaing. Guru yang baik adalah guru yang profesional dalam bidangnya. Profesionalnisme guru sanagt dibutuhkan di dalam dunia pendidikan utamanya di sekolah, keberhasilan pembelajaran dan peningkatan mutu pendidikan harus dibarengi dengan profesionalisme hingga mutu pendidikan di sekolah-sekolah tidak berjalan ditempat. Dengan kompetensi dan kualifikasi yang dimiliki oleh seorang guru, melalui lesson study kinerja guru dalam menuangkan buah pikirannya dapat diukur dan dilihat dengan nyata oleh pendidik dan peserta didik. Selain itu guru yang melakukan lesson study wajib melalui tuga tahapan yaitu perencanaan (plan), yang dilakukan dengan merancang dan mempersiapkan kelengkapan pembalajaran, mulai dri silabus dan RPP, model, media, LKS, denah sisiwa, dan sebagainaya. Tehapan selanjutnya pelaksanaan (do), di dalam pelaksanaan guru harus melaksanakan semua perencanaan yang telah dibuat. Selanjutnya tahapan refleksi (see) pada tahapan ini guru dan dosen model mendiskusikan tentang proses pembelajaran yang baru dilaksanakan, bagiamana siswa menerima pelajaran, dan guru model menerima masukan dari observer untuk perbaikan pembelajran selanjutnya agar hasilnya labih baik lagi. Melalui lesson study akan tercipta guru yang profesional yang mampu bersaing baik secara nasional maupun intrnasional.

Kata kunci: profesionalisme, guru, lesson study.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Direktorat jendral pendidikan tinggi , Program Perluasan Lesson Study untuk Penguatan LPTK, buku 3 Departemen Pendidikan Tinggi, 2018

E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Kunandar, Guru Profrsional Implementasi Kurikulim Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Rajagfindo Persad, 2007.

https://van88.wordpress.com/makalah-permasalahan-pendidikan-diindonesia/,2016


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 12 times
Tidak berjudul - 108 times