PENGARUH PEMBERIAN TUGAS BERBASIS PROYEK TERHADAP PENGEMBANGAN LIFE SKILL MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO

Mutmainna Ekawati, Fitriyah Karmila

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian tugas berbasis proyek melalui terhadap pengembangan life skill mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental dengan desain one shot case study.Adapun kriteria efektivitas pada penelitian ini dilihat dari kemunculan aspek life skill selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa life skill mahasiswa berkembang sangat baik selama mengikuti perkuliahan dengan persentase sebesar 55,8%.
Kata Kunci: Tugas berbasis proyek, lesson study, dan life skill.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Bell, S. 2010. Project Based Learning for 21st Century: Skills for the future. The Clearing House, 83, pp 39–43

Depdiknas. 2012. Pengembangan Model Pendidikan Kecakapan Hidup. Diunduh 7 September, 2012, Dari Http://Download.Smkn1-Majalengka.Sch.Id/View/Php?File=Modul/Lifeskills.Pdf

Hamzah. 2011. Belajar Dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik. Jakarta; PT Bumi Aksara.

Huda, A. 2009. Peningkatan Mutu Pembelajaran dengan Pembelajaran Berbasis Proyek.http://hudaita.com/2009/04/peningkatan-mutu-pembelajaran-dengan.html. diakses 1 September 2015.

Sugiyono, 2010. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Wena, M. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer (Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiyarsih, A, 2002. Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Perkuliahan Workshop Pendidikan Kimia Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Prestasi Belajar Mahamahasiswa. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Zubaedi, 2011. Desain pendidikan karakter konsepsi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.