KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN OPEN-ENDED

Musdariah Tadda

Sari


Penelitian ini pada dasarnya merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Uraian ini menyajikan tentang kemampuan berpikir matematis melalui pendekatan open-ended. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan berpikir matematis siswa dapat berkembang sesuai dengan karakteristik siswa yang berbeda-beda karena pendekatan open-ended ini merupakan model pendekatan yang dimana terdapat lebih dari satu cara penyelesaian dan lebih dari satu jawaban yang benar sehingga siswa tidak terpacu pada satu jawaban saja tapi siswa lebih berkembang pemikirannya untuk terus mencari jawaban sesuai dengan pengetahuannya masing-masing.

Kata kunci: Kemampuan berpikir matematis, Pendekatan open-ended.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Dentes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Ghony, Djunaidi. 1989. Pedoman Didalam Penelitian dan Penilaian. Surabaya: Usaha Nasional

Haling, Abdul, dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Hancock, C.L, (1995) enhancing mathematics learning with open-ended question.

Holmes , Emma. E. 1995. New directions in elementary school mathematics interactive teaching and learning. New Yersey: A simon and Schuster company.

Hudoyo, H. 1990. Strategi Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Sawada, T. (1997). Developing lesson plans. In Shimada, S.dan Becker, J.P.(ed). The open ended approach. A new proposal for teaching mathematics.

Suherman, Erman,et.all. 2001. Strategi pembelajaranmatematika kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.