STUDI PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE NUMBERD HEAD TOGETHER DENGAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Mulyati Mulyati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered-Head-Together (NHT )dengan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD). Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bersifat komparatif. Populasinya adalah siswa kelas X SMK Techno Terapan yang berjumlah sebelas kelas dengan jumlah siswa sebanyak 450 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel acak (random sampling) untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dalam setiap kelasnya terdiri dari 40 siswa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda pada kedua kelompok eksperimen. Untuk menguji validitas tes digunakan validitas isi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistika deskriptif dan statistika inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered-Head-Together siswa SMK Techno Terapan Makassar mempunyai skor rata-rata sebesar 8,25 dari skor ideal 10 yang dikategorikan “sangat tinggi” dengan standar deviasi sebesar 0,77. Sedangkan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division mempunyai skor rata-rata sebesar 5,86 dari skor ideal 10 yang dikategorikan “sedang” dengan standar deviasi sebesar 0,57. Dari hasil analisis data untuk statistika inferensial diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered-Head-Together (NHT) dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD).

Kata Kunci : Model Pembelajaran dan Hasil Belajar Matematika

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Ali, Mohammad. 1987. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru. Bandung.

Dahar, Ratna W. 1989. Teori-Teori Belajar. Erlangga. Jakarta.

Gagne, Robert M. 1974. Prinsip-Prinsip Belajar Untuk Pengajaran. Usaha Nasional. Surabaya.

Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif . UNESA. Surabaya.

Ihsan, Hisyam. 2003. Statistika Terapan Prinsip Metode dan Analisis Data dan Analisis Butir Tes dan Kuesioner. UNM. Makassar.

Imran, Ali. 1996. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Muddin. 2004. Metode dan Langkah-Langkah Penelitian. Diklat Kuliah Fakultas Bahasa dan Seni. UNM. Makassar.

Nur, Mohamad dan Prima Retno Wikardari. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pengajaran. UNESA.Surabaya.

Pasaribu dan Simanjuntak. 1983. Proses Belajar Mengajar. Tarsito. Bandung.

Sahabuddin. 2001. Belajar dan Pembelajaran. UNM. Makassar.

Semiawan, Conny R. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini. PT. Prenahalindo. Jakarta.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.Jakarta.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 1989. Teknologi Pengajaran. Sinar Baru. Bandung.

Sudjana. 1992. Metoda Statistika. Tarsito. Bandung.

Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA. Bandung.

Sugiono. 1995. Statistika Untuk Penelitian. CV Alfabeta. Bandung

Syamsuddin, Abin. 2002. Psikologi Kependidikan (Perangkat Sistem Pengajaran Modul). PT Remaja Rosdakarya. Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 26 times
Tidak berjudul - 56 times