PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS LESSON STUDY YANG MENERAPKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY

Masrita Gani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar matematika siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Suli. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Waktu penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Dalam PTK ini peneliti merencanakan dua siklus. Penelitian ini berbasis lesson study yaitu dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan para observer. Para observer yang dimaksud adalah guru matematika bertindak sebagai observer I dan rekan sejawat sebagai observer II. Pelaksanaan lesson study dibagi atas 3 tahap yaitu: plan (merencanakan atau merancang), do (melaksanakan) dan see (mengamati dan merefleksikan hasil pengamatan). Model pembelajaran yang digunakan adalah model kooperatif tipe two stay two stray. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi dan teknik tes. Sedangkan teknik analisis data dilakukan analisis lembar pengamatan dan analisis keberhasilan tindakan. Hasil penelitian ini yaitu (1) hasil belajar siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Suli meningkat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator berikut: 1) kemampuan dalam mengemukakan gagasan berpikir dari sebelum tindakan (36%) menjadi (58%) setelah tindakan, 2) keaktifan bertanya kepada guru dalam kegiatan belajar mengajar dari sebelum tindakan (42%) menjadi (65%) setelah tindakan, 3) kemampuan berdiskusi dengan kelompok belajar dari sebelum tindakan (32%) menjadi (60%) setelah tindakan, 4) banyak siswa yang memiliki nilai memenuhi KKM (≥75) dari sebelum tindakan (41%) menjadi (70%).

Kata kunci : Hasil belajar, Peningkatan, Lesson study, Tipe two stay two stray

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Agus Supriyono. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yokyakarta: Pustaka Belajar

Subadi, Tjipto. 2010. Lesson Study berbasis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Surakarta: Badan Penerbit FKIP UMS

Suharsimi Arikunto dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Tengku Zavala. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik TSTS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Rangsa Barat


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.