IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN

Masni Masni

Sari


Upaya memperbaiki rendahnya hasil belajar matematika di SMP telah dilakukan oleh pemerintah dengan berbagai cara seperti pengadaan buku paket, mengadakan penataran-penataran dan pelatihan-pelatihan bagi guru-guru dan sekarang telah diterapkan kurikulum 13 yang dirancang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa agar dapat berkembang secara optimal.kompetensi dasar merupakan acuan dalam memilih materi pokok yang esensi, Materi pokok yang esensi dipilih untuk mencapai kompetensi dasar,Untuk itu guru diberi kebebasan dalam menentukan materi pokok sesuai dengan karakteristik daerahnya. Dalam hal ini penerapan prinsip mengajar dan belajar kontekstual (Contextual Teacing and Learning) atau dikenal juga sebagai pembelajaran kontekstual. Contextual Teaching and learning (CTL) adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari (materi pecahan) dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka. Pembelajaran kontekstual dikembangkan berdasarkan teori-teori belajar tertentu,yaitu : (a) Teori perkembangan dari piaget, (b) Teori Free Discovery Learning dari Ausubel. Contextual Teaching and Learning (CTL) akan berjalan jika dipadukan dengan pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif merupakan bentuk pembelajaran dengan cara siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari empat sampai enam orang dengan struktur kelompok yang bersifat heterogen.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Komalasari, Kokom. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Revika Aditama.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, Prenada Media Group.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 67 times
Tidak berjudul - 1007 times