PENGGUNAAN ASESMEN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN SIKAP SISWA TERHADAP MATEMATIKA

Kasmiati Kasmiati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan sikap terhadap matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bua Ponrang melalui penggunaan asesmen portofolio dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) yang terdiri atas dua siklus. Penelitian ini menggunakan model Kemmis & Taggart yang pada setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bua Ponrang. Jenis tindakan yang dilakukan adalah menggunakan asesmen portofolio dengan melibatkan orang tua siswa untuk memberikan feedback secara tertulis pada setiap tugas portofolio siswa dalam pembelajaran matematika. Kolaborator dalam penelitian ini adalah guru kelas VII sebagai pelaku tindakan. Teknik pegumpulan data yang digunakan meliputi penilaian portofolio, skala sikap siswa, dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah tugas portofolio, skala sikap siswa, dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif.

Kata kunci: Asesmen Portofolio, Prestasi Belajar, Sikap Siswa, Matematika

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Ali, M. S & Awan, A. S. (2013). Attitude towards science and its relationship with student’ achievement in science [Versi elektronik]. International Journal of Contemporary Research in Business. 708, 4, 10.

De Lange, J. (1987). Mathematics insight and meaning. Utrech: OW & OC. Marpaung, Y. (2005). Reformasi pembelajaran matematika sekolah dan asesmennya. Dalam Soewandi, A.M., Widharyanto, B., Bram., et al (Eds.), Perspektif Pembelajaran Berbagai Bidang Studi. Yogyakarta: USD.

Santrock. J. W. (2008). Educational psycology (3rd ed.). New York: McGraw Hill Book Company.

Shore, E.F. & Grace, C. (2006). Pintar membuat portofolio : Panduan langkah demi Langkah untuk guru. (Terjemahan Fretty H. Panggabean). Beltsville, MD: Gryphon House Publishing. (buku asli diterbitkan tahun 1998)

Zan, R & di Martino, P. (2007). Attitude toward mathematics: Overcoming the positive/negative dichotomy [Versi electronik]. Monograph of The Mountana Council of Teacher of Mathematics, 3, 157-168.

Zubizarreta, J. (2004). The learning portfolio: Reflektif practice for improving student learning.Bolton, England: Anker.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.