ASSESSMEN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AKTIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

Hasma Mallaherang

Sari


Pembelajaran Matematika sebagaimana pembelajaran lainnya dalam Kurikulum 2013 menghendaki dilaksanakannya penilaian otentik. Artikel ini mencoba memberikan contoh assessmen yang berbasis pada aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan lembar kerja peserta didik. Dengan pemberian Lembar Kerja diharapkan akan memudahkan pendidik dalam mengarahkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran, sekaligus memudahkan pendidik dalam melakukan assessmen. Assessmen didasarkan pada aktivitas yang dituju dan dibantu dengan rubrik penilaian yang jelas dan sistematis.

Kata Kunci: Assesmen matematika, aktivitas belajar, lembar kerja peserta didik

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arends. 2008. Learning to Teach; Belajar untuk Mengajar. Buku satu. Edisi 7. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Garfield. J. B. 1994. Beyond Testing and Grading llsing Assessment to fmprovc Student Learning, (Online), (http://www.amstat.org/publications/jse/v2n1/garfield.html). Diakses tanggal 23 April 2015

Ibrahim, M. 2005. Asesmen Berkelanjutan; Konsep Dasar, Tahapan, Pengembangan dan Contoh. Surabaya: Unesa University Press.

Kaymakci, S. 2012. A Review of Studies on Worksheets in Turkey. US-China Education Review. Journal. 2012(1) pp 57-64.

Prastowo A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sardiman, A.M. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Yuniati, S. 2011. Asesmen Kinerja (Performance Assessment) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Annida’. Vol. 36, No. 1, pp. 37-51.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.