MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BAGIAN-BAGIAN BUSANA DENGAN PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 WATANSOPPENG

Marwan Marwan

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keektifan media flash card dalam meningkatkan kemampuan memahami bagian-bagian busana pada siswa kelas X di SMK Negeri 1 Watansoppeng. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari siswa dan guru. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Prosedur pengamatan menggunakan pengumpulan data, angket dan dokumentasi. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus melalui empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Melalui paparan data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa dari pelaksanaan dua siklus jelas terlihat bahwa siswa di kelas X SMK Negeri 1 Watansoppeng lebih tertarik, dan lebih termotivasi secara aktif terlibat dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan media flash card pada materi memahami bagian-bagian busana. Disarankan pada guru sebaiknya memilih media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa khususnya dalam pelajaran menggambar busana.

Kata Kunci: Flash card, media pembelajaran, bagian busana

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arsyad, A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. 2004. Kurikulum SMK. Edisi 2004 Bidang Keahlian TataBusana.(ebook),http://kurikulumsmk.freehosting.net/busana/1busana.htm, diakses 20 Juli 2011.

Hamalik, O. 1989. Pendidikan dan Media Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Indira. 2008. Flash Card. (online), (http://IndIr4.Flashcard.wordpress.com,diakses 4 Mei 2011.

Majid. 2008. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Rosdakarya.

Parmaningsih, Dwi W. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Metode Flash Cards pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Pandanwangi 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Poespo, G. 2000. Teknik Menggambar Mode Busana. Yogyakarta: Kanisius


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 21 times
Tidak berjudul - 139 times