ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL ALJABAR BERDASARKAN GENDER

Marhamah Tadda

Sari


Pada dasarnya penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Uraian ini menyajikan tentang kesalahan konsep, kesalahan algoritma/prosedur dan kesalahan teknis pada siswa berdasarkan gender. Analisis deskriptif ini meliputi presentase dari setiap jenis kesalahan siswa yang berupa: 1) Kesalahan konsep yaitu siswa melakukan kesalahan dalam menentukan teorema untuk menjawab suatu masalah. Serta penggunaan rumus atau teorema tidak sesuai dengan kondisi dan persyaratan untuk menyelesaikan soal matematika. 2) Kesalahan prosedur/algoritma yaitu ketidakhirarkian langkah-langkah dalam menyelesaikan suatu masalah atau ketidakmampuan memanipulasi langkah-langkah tersebut. 3) Kesalahan teknis yaitu siswa mengalami kesalahan dalam menggunakan notasi atau komputasi, serta siswa salah dalam menggunakan dasar operasi aljabar. Hasil penelitian pada siswa perempuan meliputi: 1) Kesalahan konsep sebesar 66% yang tergolong sangat tinggi. 2) Kesalahan algoritma/prosedur sebesar 84% yang tergolong sangat tinggi. Dan 3) Kesalahan teknis sebesar 87% yang tergolong sangat tinggi. Sedangkan hasil penelitian pada siswa laki-laki meliputi: 1) Kesalahan konsep sebesar 76% yang tergolong sangat tinggi. 2) Kesalahan akgoritma/prosedur sebesar 84% yang tergolong sangat tinggi. Dan 3) Kesalahan teknis sebesar 87% yang tergolong sangat tinggi.

Kata kunci: Kesalahan Konsep, Kesalahan Algoritma/Prosedur, dan Kesalahan Teknis

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asrofi, Azis. 2000. Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Kesebangunan pada Siswa Kelas III Caturwulan 1 SLTPN 01 Winong. Skripsi Tidak Diterbitkan. Palopo: FKIP-UNCP.

Dentes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Ekawati, Aminah. 2011. Perbedaan Jenis Kelamin terhadap Kemampuan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus Sekolah Dasar). Tarakan: Universitas Borneo Tarakan.

Ghony, Djunaidi. 1989. Pedoman Didalam Penelitian dan Penilaian. Surabaya: Usaha Nasional.

Haling, Abdul, dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Hudoyo, H. 1990. Strategi Mengajar Matematika. Malang: IKIP Malang.

Idaharyani. 2002. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbing pada Siswa Kelas 1 SLTPN 3 Bulukumba Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Makassar: FMIPA-Universitas Negeri Makassar.

Irham. 2011. Identifikasi Kesalahan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal-Soal Bangun Ruang pada Siswa SMP Negeri 2 Mamuju. Skripsi. Palopo: FKIP-UNCP.

Sobel, dkk. 2003. Mengajar Matematika. Jakarta: Erlangga.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia; Konstatasi Keadaan Masa KiniMenuju harapan Masa Depan. Jakarta: Depdikbud.

Sudjana, Nana. 1989. CBSA dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sujono. 1988. Pengajaran Matematika Untuk Sekolah Menengah. Jakarta: Dekdikbud.

Suherman, dkk. 2001. Strategi Belajar Mengajar Kontemporer. Bandung: Depdikbud.

Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA-Universitas Pendidikan Indonesia.

Tiro, Arif. 1999. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: State University Of Makassar Press.

Tim Prima Pena. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gitamedia Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 220 times
Tidak berjudul - 939 times