PENGARUH MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMAN DI KECAMATAN BIRINGKANAYA

Jumarniati Jumarniati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Biringkanaya. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri di Kecamatan Biringkanaya tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 1099 dengan jumlah sampel 207. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan proportional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Skala motivasi belajar, (2) Tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan analisis inferensial menggunakan Regresi Ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebagian besar siswa Kelas X SMA Negeri di Kecamatan Biringkanaya memiliki motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik berada pada kategori tinggi, dan hasil belajar matematika berada pada kategori sedang; (2) Terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar intrinsik terhadap hasil belajar matematika; (3) Tidak terdapat pengaruh motivasi belajar ekstrinsik terhadap hasil belajar matematika. (4) Terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik secara simultan terhadap hasil belajar matematika

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Anwar. Desi. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Amelia Surabaya.

Azwar, Saifuddin. 2013. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dimyati. & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Haling, Abd. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Handrianto, Prasetyo. 2012. Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Motivasi Belajar. Sains Journal. (http://sainsjournal-fst11.web.unair.ac.id/artikel_detail-45907-PENDIDIKAN-Faktorfaktor%20yang%20berpengaruh%20terhadap%20motivasi%20belajar.html, Diakses 13 Desember 2014).

Hytti, Ulla, Perka, Jarna Heinonen, Jaana Seikkula-Leino. 2010. Perceived Learning Outcomess in Entrepreneurship Education: The Impact of Student Motivation and Team Behavior Education + Training, Vol. 52 Iss: 8/9, pp.587 - 606. Research Paper (online), (www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0CDMQFjAB&url=http%3A%2F%2Fwww.emeraldinsight.com%2Fjournals.htm%3Farticleid%3D1891411&ei=rLRkU6GlPMWcugS16IDoDg&usg=AFQjCNFKm3k9ach_wx5fzQxdRY4a5Q0l8A&bvm=bv.65788261,d.c2E, Diakses 14 Desember 2014).

Jihad, Asep. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Persindo.

Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Santrock, John W. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Schunk, Dale H. 2012. Motivasi dalam Pendidikan Teori, Penelitian dan Aplikasi. Jakarta: PT. Indeks

Soemanto. Wasty. 2003. Psokoligi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Uno, Hamzah. 2012. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.