KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE TAI DAN TIPE TGT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Andi Indra Sulestry

Sari


Jenis penelitian ini adalah penelitian unit satuan eksperimen yang bertujuan untuk: mengetahui perbandingan keefektifan antara model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan TGT. Perbandingan keefektifan yang dimaksud dilihat dari (1) aktivitas siswa, (2) respons siswa, dan (3) hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 85,57, median 85, modus 95 dan standar deviasi 9,49. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, dengan taraf signifikan 0,04. Aktivitas siswa dalam pembelajaran minimal berada pada kategori sangat baik serta respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran termasuk dalam kategori positif. Hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berada pada kategori sedang dengan rata-rata 81, median 80, modus 85 dan standar deviasi 7,93. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, diperoleh taraf signifikan 0,041. Aktivitas siswa dalam pebelajaran minimal berada pada kategori baik serta respons siswa terhadap perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori positif. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan α=0,05 dengan uji-t menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan α=0,05 dengan uji-t menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan materi pokok bangun ruang sisi datar dikelas VIII SMP Negeri 9 Bulukumba.
Kata kunci : Hasil belajar, Aktivitas siswa, Respon siswa

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Ardin. 2013. Keefektifan pembelajaran Matematika Realistik Setting Kooperatif tipe NHT Pada Materi Pokok Bangun Ruang Dimensi Tiga. Tesis tidak diterbitkan. UNM.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek). Jakrta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mujiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Eggen, Paul & Kauchak, Don. 2012. Strategi Dan Model Pembelajaran.. Mengajarakan Konten dan Kemampuan Berpikir. Jakarta: Indeks.

Hamalik, Omar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hasmiati. 2013. Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Setting Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (Tai) Dan Tipe Team Games Tournament (Tgt) Materi Volume Bangun Ruang Pada Kelas V Sd Inpres Bakung II. Tesis. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran kooperatif. Erlangga. Jakarta Isjoni. 2009. Cooperative Learning (Efektivitas Pembelajaran Kelompok). Bandung: Alfabeta.

Irawati. 2013. Komparasi Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dan Tipe TPS pada Materi PerbandinganSiswa Kelas VII SMP Negeri 9 Palopo. Tesis. Makassar: PPs UNM.

Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar , Cet VII; Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2004

Nur, Mohammad. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya

Oemar Hamalik. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 28 times
Tidak berjudul - 76 times