EVALUASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 158 WATALLIPU KECAMATAN DONRI-DONRI KABUPATEN SOPPENG

Erni Erni

Sari


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi program pembelajaran tematik dari segi konteks, input, proses, dan produk di Sekolah Dasar Negeri 158 Watallipu Kabupaten Soppeng.Penelitian ini merupakan penelitian jenis evaluasi dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) yang terfokus pada evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi proses, dan evaluasi produk. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 158 Watallipu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng dengan menggunakan metode analisis secara kuantitatif bersifat deskriptif. Data yang dikaji dalam penelitian ini bersumber dari kepala sekolah, guru kelas I, II, III yang melaksanakan pembelajaran tematik, serta peserta didik di kelas I, II, dan III. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan kuesioner. Kriteria penilaian sebagai tolok ukur evaluasi dalam penelitian ini merujuk pada acuan yang telah dibuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) komponen konteks pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Negeri 158 Watallipu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah dan guru masuk dalam kategori baik. Tujuan pembelajaran yang sesuai dengan analisis kebutuhan namun cenderung tidak dilaksanakan dengan konsekuen di dalam proses pembelajaran tematik karena guru belum memahami betul latarbelakang dan arti penting dilaksanakannya program pembelajaran tematik bagi peserta didik di kelas awal; (2) komponen input aspek silabus dan RPP, fasilitas belajar, dan motivasi belajar secara umum berada pada kategori sangat baik; (3) komponen proses dari aspek kinerja guru dalam kelas secara umum masuk dalam kategori kurang karena selama ini guru belum maksimal dalam mengajarkan tematik dan lebih cenderung mengajarkan mata pelajaran saja. Pada aspek iklim kelas berada pada kategori sangat baik;(4) komponen produk dengan hasil belajar peserta didik masuk pada kategori baik. Disarankan kepada para guru dan penentu kebijakan agar dapat melakukan evaluasi dan kegiatan-kegiatan yang inovatif agar program pembelajaran tematik dapat berjalan semaksimal mungkin.

Kata Kunci: pembelajaran tematik, evaluasi, CIPP

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arifin, Zainal. 2009. Management For Educational Management. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. & Jabar, C. 2010. Evaluasi Program Pendidikan (Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP, 2006. Model Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Model Silabus Mata Pelajaran SD/MI. Jakarta: BP. Cipta Jaya.

Darling, L. & Hammond. 2000. Teacher Quality and Student Achievement: A Reviiew of State Policy Evedence. Education Policy Analysis Archies. Volume 8 Number 1. Diambil pada tanggal 17 Pebruari2006 dari http://.epas.asu.edu/epas/v8ni

Degeng, Nyoman Sudana, dan Miarso, Yusuf Hadi. 1993. Terapan Teori Kognitif dalam Desain Pembelajaran. Jakarta: Depertamen pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Dikti, Proyek Pengembangan Pusat Fasilitas Bersama Antar Universitas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jakarta: Puskur Balitbang.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Permendiknas No.22 dan 23 tentang Standar Isi dan Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Gusti Ayu Artatik, Ni Ketut Suarni, I Wayan Lasmawan. 2014. Studi Evaluatif Pelaksanaan Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas Permulaan di SD se Kecamatan Ubud. Jurnal, e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 2014 (4).

Hadiyanto dan Subiyanto. 2003. Pengembalian Kebebasan Guru untuk Mengkreasikan Iklim Kelas dalam Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No.040 Januari 2003. Jakarta: Depdiknas.

Mardapi, D. 2012. Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rohyani, 2014. Evaluasi Program Pembelajaran Tematik pada Sekolah Dasar Negeri 2 Branti Raya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.Tesis. Tidak diterbitkan. Lampung: Program Pascasarjana Universitas Lampung.

Ruslan, 2009. “Validitas Isi”. Pa’biritta No. 10. Tahun VI September 2009.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Stufflebeam, Daniel. L. 1981. Standar for Evaluations of Educational Program, Project and Material. New York: Mc Grow-Hill Book Company.

Sudjana, H. D. 2006, Evaluasi Program PLS, Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sutirjo dan Sri Istuti Mamik. 2005. Tematik: Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum 2004. Malang: Bayumedia Publishing.

Trianto, 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Trianto, 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Prenada Media Group

Widoyoko, E. P. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.