PERAN GURU DALAM MENGINTEGRASIKAN NILAI-NILAI KARAKTER DI SMP NEGERI 1 BUA PONRANG KABUPATEN LUWU

Busra Bumbungan

Sari


Penelitian di dilakukan di SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu, bertujuan untuk mengetahui peran guru sebagai katalisator, inspirator, motivator, dinamisator, dan evaluator dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter di SMP Negeri 1 Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu. Lokasi penelitian yang akan ditempati adalah Lokasi penelitian yang akan ditempati adalah SMP Negeri 1 Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu dengan menunggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data adalah kepala sekolah, guru dan siswa yang diambil secara purposive sampling. Fokus enelitan adalah peran guru sebagai katalisator, inspirator, motivator, dinamisator, dan evaluator. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan member chek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran guru SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu melaksanakan peran sebagai katalisator dengan tujuan melakukan pembaharuan dan membentuk talenta siswa SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu yang tidak terlepas dari nilai-nilai karakter seperti rasa tanggung jawab, (2) Guru SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu menjadi figur inspirator bagi siswa meskipun belum merata karena bagi guru SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu menjadai inspirator tidaklah mudah, (3) Optimalisasi peran guru SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu sebagai motivator dalam proses pembelajaran. Guru tidak seharusnya menempatkan diri sebagai aktor yang dilihat dan didengar oleh peserta didik, tetapi guru seyogyanya berperan sebagai sutradara yang mengarahkan, membimbing, memfasilitasi dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat melakukan dan menemukan sendiri hasil belajar yang terintegrasikan nilai rasa hormat dan dan nilai ketekunan, (4) Guru SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu menjalin interaksi dengan siswa dan masyarakat. Peran guru sebagai dinamisator tidak seutuhnya ditempuh oleh guru SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu dengan sebaik mungkin. harapan dari dinamisator adalah dalam diri siswa terbentuk nila-nilai kedisiplinan diri dan ketekunan, (5) Evaluasi diperlukan guru SMP Negeri 1 Bua Ponrang Kabupaten Luwu dalam menganalisis tingkat ketercapaian akademik siswa dalam kelas maupun kegiatan sekolah lainnya yang berkaitan nilai-nilai karakter.
Kata Kunci: peran guru, nilai-nilai karakter

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Mulyani, Wiwik. 2013. guru adalah pembentuk akar dan karakter bangsa. http://www.prestasi-iief.org/index.php/id/feature/66-guru-adalahpembentuk-akal-dan-karakter-bangsa. diakses 28 April 2014

Ramly, Mansyur dkk. 2011. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Kementrian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan perbukuan. Jakarta.

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar-mengajar. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Suyanto. 2010. Urgensi Pendidikan Karakter, Jakarta : Dirjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan Nasional.

Soekanto. 2002. Sosiologi Suatu Pengantar. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.