PENGARUH GAYA BELAJAR VAK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Aswar Anas, Nilam Permatasari Munir

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui deskripsi gaya belajar VAK dan hasil belajar matematika siswa; (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh gaya belajar VAK terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Soppeng tahun pelajaran 2013/2014. Data dikumpulkan melalui 371 sampel yang terpilih dengan teknik disproporsionate stratified random sampling. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis regresi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata siswa Kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Soppeng memiliki: gaya belajar siswa cenderung visual dan hasil belajar matematika berada pada kategori sedang; (2) Ada pengaruh gaya belajar VAK terhadap hasil belajar matematika siswa.
Kata kunci: Gaya Belajar, Visual, Auditorial, Kinestetik, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Agustiani, Hendriati. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: Refika Aditama.

DePorter, Bobbi & Hernacki, Mike. 2002. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Hamid Amrin. 2011. Deskripsi Penyelesaian Masalah SPLDV Open Ended Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas VIII MTs Model Makassar. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM.

Nuraina. 2007. Pengaruh Model pembelajaran Kooperatif dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Negeri 1 Rantau Utara. Tesis. (http://digilib.unimed.ac.id/UNIMED-Master-586/586/gaya-belajar-hasilbelajar-matematika, Diakses Tanggal 23 Januari 2013)

Santrock. J.W. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta: kencana

Suciati, I. 2013. Pengaruh Sosioemosi dan Perkembangan Moral terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri di kota Palu. Tesis tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Sutikno, S.M. 2013. Belajar dan Pembelajaran Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil. Lombok: Holistica

Suyono & Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tiro, M. A. 2000. Analisis Regresi dengan Data Kategori. Makassar: Andira Publisher.

Tiro, M A. 2000. Dasar-dasar Statistika. Makassar: State University of Makassar Press.

Yuliana. 2011. Deskripsi Berpikir Pseudo dalam Menyelesaikan Soal Permutasi dan Kombinasi Berdasarkan Gaya Belajar. Tesis tidak diterbitkan . Makassar: PPs UNM.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.