PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SD NEGERI 462 MENTANG MELALUI SUPERVISI AKADEMIK

Asmawati Asmawati

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru kelas VI SD Negeri 462 Mentang melalui supervisi akademik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Kegiatan dalam penelitian ini terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi kelas. Instrumen observasi yang digunakan adalah alat penilaian kemampuan guru (APKG) berupa: 1) instrument penilaian kemampuan guru dalam mengembangkan silabus, 2) instrument penilaian kemampuan guru dalam menyusun rencana pembelajaran, 3) instrument penilaian kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif. Data kuantitatif yang diperoleh di deskripsikan dalam bentuk kata-kata atau penjelasan. Selanjutnya dilakukan komparasi data untuk memastikan ada tidaknya peningkatan kemampuan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran, peningkatan kemampuan guru dalam pelaksanaan. Hasil penelitian menunjukkan temuan bahwa supervisi akademik dapat: a) meningkakan kemampuan guru kelas VI dalam mengembangkan silabus di SD Negeri 462 Mentang, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu sebesar 41%. b) meningkakan kemampuan guru kelas VI dalam menyususn rencana pembelajaran di SD Negeri 462 Mentang, sebesar 39%. c) meningkakan kemampuan guru kelas VI dalam melaksanakan pembelajaran di SD Negeri 462 Mentang, sebesar 34%.
Kata kunci: supervisi akademik, kompetensi pedagogik

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar – Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta

Banun Sri Haksasi. 2013. Pelaksanaan Supervisi Akademik Pada SMA Negeri 3 Semarang. Majalah Ilmiah Pawiyatan, (xx):4

Dalawi, Amrazi Zakso, Usman Radiana. 2012. Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru SMP Negeri 1 Bengkayang. Thesis S2 AP, FKIP Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Danim Sudarwan dan Khairil. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto dan Tasrial. 2011. Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gavamedia

Depdiknas. 2005. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

. 2009. Undang-Undang Nomor 39 tahun 2009 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru dan Pengawas Satuan Pendidikan. Jakarta

Dirjen PMPTK. 2008. Metode dan teknik supervisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dirjen PMPTK. 2012. Pedoman pelaksanaan kinerja guru (PK Guru). Buku 2. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Engkoswara dan Komariah Aan. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Parwati Santi Desak Putu, Dantes Nyoman dan Natajaya Nyoman. 2013 Implementasi Supervisi Akademik dalam Rangka Peningkatan Kemampuan Menyusun RPP pada Guru Matematika SD Anggota KKG Gugus IV Kecamatan Sukasada. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar (3) Vol 4. (4).

Sagala Syaiful. 2009. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung:Alfabeta

Sagala Syaiful. 2010. Supervisi Pembelajaran. Bandung. Alfabeta

Nana Sudjana. 2011. Buku Kerja Pengawas Sekolah. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan PSDM dan PMP. Jakarta: Kemdikbud


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 101 times
Tidak berjudul - 199 times