PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP YAPIS MANOKWARI

Nurhasanah Nurhasanah

Sari


Tujuan penelitian ini yaitu; untuk mengetahui pengaruh positif yang signifikan antara gaya belajar visual, auditorial, kinestetik secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP YAPIS Manokwari. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif asosiatif dengan teknik analisis regresi berganda. Teknik pengumpulan data diperoleh dari kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar visual dengan rata-rata 36,833, gaya belajar auditorial dengan rata-rata 29,0667, dan gaya belajar kinestetik dengan rata-rata 22,1333, sedangkan prestasi belajar siswa dengan rata-rata 72,50. Hasil pengujian hipotesis: tidak terdapat pengaruh antara gaya belajar visual, auditorial, kinestetik secara bersama-sama terhadap prestasi belajar matematika.
Kata Kunci: Gaya belajar, Prestasi belajar matematika

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arikunto S., Prosedur Penelitian, Edisi VII, Jakarta : Rineka Cipta, 2010.

Arifin Zainal., Evaluasi Pembelajaran, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2011.

B, Deporter,. Quantum Learning, Bandung: Kalifa. 1992.

Ekawarna., Penelitian Tindakan Kelas., Jakarta : Gaung Persada,. 2011.

Hamzah., Model Pembelajaran., Jakarta: PT Bumi Aksara., 2011.

M, Irham., Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media., 2013.

Iskandar., Psikologi Pendidikan., Jakarta Selatan: Referensi., 2012.

Nurgiyantoro, Burhan.. Statistik Terapan., Yogyakarta. Gadjah Mada University Press., 2009.

Qodriyah, Annie. “Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas IV MI Miftakhul Akhlaqiyah Bringin Ngaliyan Semarang”. [Skripsi]. Semarang: Institut Agama Islam Walisongo., 2011.

Sarwono, J., Riset Pemasaran., Bandung: ANDI. 2005.

Slameto., Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya., Jakarta: Rineka Cipta., 2010.

Sudjana., Metode Statistik., Bandung: Tarsiti Bandung., 2002.

Suparman., Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa., Yogyakarta: Pinus Book Publisher., 2010.

Riduwan., Dasar-Dasar Statistika., Bandung: Alfabeta., 2009.

Riduwan dan Sunarto., Pengantar Statistika., Bandung: Alfabeta., . 2007.

Rusman., Model-model Pembelajaran., Jakarta: PT Raja Grafindo Persada., 2012.

Winkel., Psikologi Pengajaran.,Yogyakarta: Sketsa. 2014.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.