PRESTASI SISWA DALAM KAEDAH PENILAIAN DI SEKOLAH DASAR

Muhammad Sarlin, Ilham Hulukati

Sari


Sebuah studi yang dilakukan beberapa sekolah dasar di Gorontalo dengan tujuan untuk melihat kondisi pelaksanaan penilaian prestasi belajar siswa dalam kaedah guru di sekolah dasar. Metode penelitian yang dilakukan yakni metode survai dengan berusaha menggabungkan variabel-variabel yang ada. Analisis data menggunakan teknik analisis penilaian prestasi model Gronlund & Waugh. Dari hasil analisis data yang dilakukan kami menyimpulkan bahwa guru memiliki kaedah tersendiri dalam melakukan penilaian, guru tidak memiliki standar baku sebagai acuan atau dijadikan pedoman dalam merencanakan penilaian prestasi siswa. Guru mengabaikan prinsip-prinsip fungsinya sebagai evaluator yang handal. Ini berarti guru masih ada yang belum memenuhi standar profesional sebagaimana yang tertuang dalam SNP.
Kata Kunci: Prestasi siswa, Kaedah penilaian.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Alex, MA, Kamus Ilmiah Populer Kontemporer, Surabaya: Karya Harapan, 2005.

Anderson, W. L & Krathwohl, R.D, Kerangaka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, Terjemahan oleh: Agung Prihantoro, 2010.

Daryanto.H, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Poerwanti, E, Widodo, E, Masduki, Pantiwati, Y, Rofieq, A, & Utomo, D. P, Asesmen Pembelajaran SD, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

Gronlund, E. N & Waugh, K, C, Assessment of Student Achievement, New Jersey Columbus, Ohio: Perason Education, Inc, 2009.

Nasution, Tekhnologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Purwanto, N, Prinsip-prinsip dan Tehknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.

Singarimbun, M & Effendi, S, Metode Penelitian Survai, Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), 1985.

Supardi, Sekolah Efektif : Konsep Dasar dan Praktiknya, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.

Uno. B. H & Koni S, Asessessment Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Talajan, G, Menumbuhkan Kreatifitas & Perestasi Guru, Yogyakarta: LaksBang PRESSindo, 2012.

Syah, M, Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.

Djamarah, S. B, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Suryabrata, S, Psikologi Pendidikan: Suatu Penyajian Secara Operasional, Yogyakarta: Rake Press, 2007.

BSNP - Standar Nasional Pendidikan. (online) http://bsnp-indonesia.org.id di akses Tanggal 28 maret 2016


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.