ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER MATA KULIAH BIOLOGI UMUM DI UNIVERSITAS PAPUA

Insar Damopolii

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas butir soal ujian tengah semester mata kuliah Biologi Umum tahun akademik 2014/2015. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Jumlah subjek sebanyak 210 orang mahasiswa. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi soal dan lembar jawaban yang telah di isi mahasiswa. Analisis data secara kuantitatif meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan kualitas pengecoh. Jumlah butir soal sebanyak 100. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas butir soal ujian tengah semester Biologi Umum di Universitas Papua memiliki tingkat kesukaran cukup/sedang, daya pembeda cukup, kualitas pengecoh sangat baik, terdapat 70 butir soal yang valid dan reliabilitas 0,79 dengan kategori tinggi. Secara keseluruhan butir soal yang diterima sebesar 7 %, butir soal yang direvisi sebesar 63 % dan butir soal yang tidak digunakan sebsar 30 %. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah butir soal ujian tengah semester mata kuliah Biologi Umum di Universitas Papua perlu dilakukan revisi untuk memperbaiki kualitas butir soal.
Kata Kunci: Analisis butir soal, Biologi umum

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


A. N. Shete, A. Kausar, K. Lakhkar, and S. T. Khan, “Item analysis: An evaluation of multiple choice questions in Physiology examination”, Journal of Contemporary Medical Education, Vol. 3, pp, 106-109, Oct. 2015.

A. Sudijono, Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013

C. Boopathiraj and K. Chellamani, “Analysis of Test Items On Difficulty Level and Discrimination Index In The Test For Research In Education”, International Journal of Social Science & Interdisciplinary Research, Vol. 2, pp 189-193. Feb. 2013

M. D. Miller, R. L. Linn, and N. E. Gronlund, Measurement and Assessment in Teaching, Tenth Edition. United State: Pearson Education Inc, 2009

S. Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara, 2013

T. G. Ratumanan dan T. Laurens, Penilaian Hasil Belajar Pada Tingkat Satuan Pendidikan, Edisi 2, Surabaya : Unesa University Press, 2011

Z. Arifin, Evaluasi Pembelajaran, Prinsip, Teknik, Prosedur, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2014


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.