IMPLEMENTASI LESSON STUDY MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PALOPO

Taufiq Taufiq, Patmaniar Patmaniar, Syamsir Sainuddin

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan apa adanya tentang aktivitas siswa dalam pembelajaran Matematika di SMP Negeri 3 Palopo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tahapan perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see) yang memfokuskan pada aktivitas siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII, yang diamati adalah peningkatan aktivitas siswa pada setiap siklus. Proses penelitian mengikuti tahap-tahap: (a) melakukan pengamatan subjek penelitian, (b) melakukan pengambilan data, (c) melakukan analisis data pada setiap siklus, (d) melakukan pembahasan hasil analisis, (e) melakukan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran melalui model kooperatif dengan tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan siswa,2) pelaksanaan pembelajaran dengan model kooperatif dengan tutor sebaya.
Kata Kunci: lesson study, pembelajaran kooperatif, tutor sebaya, aktivitas

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 1999. Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kunandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta: Grafindo Persada.

Masiku, Abi. 2003. Penerapan Bimbingan Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia pada Siswa SMU Negeri 2 Rantepao. Skripsi FMIPA UNM.

Muslimin Ibrahim dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.

Nur, Mohamad dan Prima Retno Wikardari. 2000. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivisme dalam Pengajaran. Surabaya: UNESA.

Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Sarmawati. 2002. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Bimbingan Tutor Sebaya pada Siswa Kelas II SLTP Negeri 2 Enrekang. Skripsi FMIPA UNM.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.