HUBUNGAN KESADARAN METAKOGNITIF DAN GAYA KOGNITIF DENGAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI SE- KOTA PAREPARE

Haris Munandar

Sari


Tujuan penelitian ini adalah(1) untuk mengetahui gambaran kesadaran metakognitif, gaya kognitif dan kemampuan metakognitif; (2) untuk mengetahui hubungan antara kesadaran metakognitif dengan kemampuan metakognitif; (3) untuk mengetahui hubungan antara gaya kognitif dengan kemampuan metakognitif; (4) untuk mengetahui hubungan antara kesadaran metakognitif dan gaya kognitif secara bersama-sama terhadap kemampuan metakognitif peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri Se-Kota Parepare. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dalam bentuk korelasional dan regresi. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri Se-Kota Parepare. Sampel pada penelitian ini berjumlah 230 orang, yang diperoleh melalui penggunaan teknik sampel random sampling, dan dianalisis menggunakan analisis korelasi linear dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gambaran kesadaran metakognisi peserta didik berkategori berkembang baik, gaya kognitif cenderung berada pada kategori gaya kognitif FI dan kemampuan metakognitif berkategori tinggi; (2) ada hubungan kesadaran metakognitif dengan kemampuan metakognitif dengan nilai r = 0.798 dan sig (p) = 0.000; (3) ada hubungan gaya kognitif dengan kemampuan metakognitif peserta didik kelas dengan nilai r = 0.438 dan sig (p) = 0.000; (4) ada hubungan kesadaran metakognitif dan gaya kognitif secara bersama-sama terhadap kemampuan metakognitif peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri Se-Kota Parepare dengan nilai r = 0,799.
Kata Kunci: Metakognitif, Gaya Kognitif

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Anderson, L. W., & David R. K., 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran dan Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Candiasa, M. 2002. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Memprogram Komputer (Online). Jurnal Universitas Negeri Jakarta Vol. 4, No. 3.

Kuntjojo. 2009. Metakognisi dan Keberhasilan Belajar Peserta Didik. (http://www.hku.hk/cepc/taccasu/ref/metakognition.html. Diakses tanggal 8 Desember 2013)

Livingstone, J. 2003. Metacognitive an Overview. (http://gse.buffal.edu/gwell/files/cousersfolder/documents/livingstonemetakognition.pdf. Diakses tanggal 8 Desember 2013).

Sugiyono. 2009. Statistik Penelitian Pendidikan. Jakarta: Alfabeta.

. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Jakarta: Alfabeta

Susana. 2011. Pengaruh Model Pembelajaran Metakognitif Terhadap Kesadaran Metakognitif, Keterampilan Metakognitif, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMAN 1 Palopo. Tesis. Makassar: Program Pascasarjana UNM.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 144 times
Tidak berjudul - 233 times