KUALITAS TES PRA OLIMPIADE BIDANG STUDI MATEMATIKA TINGKAT SMP DI KOTA BAUBAU

La Eru Ugi, Darma Ekawati

Sari


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui indeks tingkat kesukaran, indeks daya pembeda, efektifitas pengecoh, tingkat validitas, tingkat reliabilitas, dan tingkat kesalahan baku pengukuran butir soal tes pra olimpiade bidang studi matematika untuk tingkat SMP Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksplorasi yaitu penelitian dengan cara menganalisis data yang sudah ada berupa lembar jawaban siswa peserta praolimpiade bidang studi matematika tingkat SMP Tahun Pelajaran 2014/2015 di SMA Negeri 1 Baubau Kota Baubau. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan data dokumentasi yaitu mengambil lembar jawaban siswa peserta tes pra olimpiade bidang studi matematika Tahun Pelajaran 2014/2015 yaitu sebanyak 60 lembar jawaban siswa. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan program komputer iteman analysis, yang meliputi analisis tingkat kesukaran, daya pembeda, keefektifan pengecoh, validitas, reliabilitas tes dan kesalahan baku pengukuran. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik butir soal yang diperoleh adalah (1) perbandingan tingkat kesukarannya mudah: sedang: sukar soal pilihan ganda = 28%: 40%: 32%, (2) perbandingan daya pembeda berupa kategori diterima, direvisi dan ditolak dari soal pilihan ganda yaitu: 62%: 28%: 20%, (3) pengecoh berfungsi dengan baik73,5% dan yang belum berfungsi dengan baik 26,5%, (4) Mempunyai Validitas rxy = 0,2669, (5) Koefisien Reliabilitas = 0,534 dan tingkat reliabilitas tes pilihan ganda memiliki derajat keterhandalan yang sedang, (6) Kesalahan Baku Pengukuran sebesar 2,201merupakan kesalahan baku pengukuran yang tinggi. Berdasarkan indikator Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda dan berfungsi tidaknya pengecoh, maka secara keseluruhan ditemukan sebanyak 20 butir (80%) termaksud soal yang baik, sedangkan 5 butir soal (20%) direvisi. Ini menunjukan bahwa tes yang digunakan pada pra olimpiade bidang studi matematika sudah baik.
Kata kunci: kualitas, tes, reliabilitas, validitas, dan try out

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arikunto, S. 1945. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bima Aksara: Jakarta.

Hayat. B. 1999. Analisis Butir Soal Secara Klasik Dengan Menggunakan Program Iteman. Balidbangdikbud Puslitbangsisjian. Jakarta.

Nitko, Anthony J. & Susan M. Brookhart. 2011. Educational Assesment of Students. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.

Purwanto, N. 1991. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Raka Joni, T. 1994. Pengukuran Dan Penilaian Pendidikan. Karya Anda: Surabaya.

Robert K. Gable. 1986. Instrument Development in the Affective Domain. Kluwer-Nijhoff Publishing.Bosto.

Safari. 1993. Menyusun Soal Yang Bermutu. Balitbangdikbud Puslitbangsisjian. Jakarta.

Salawatiah. 2001. Kualitas Tes Belajar Bidang Studi Matematika di SLTP Negeri 2 Kendari. FKIP Unhalu Kendari: Kendari.

Sudjana, N. 1989. Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Suriany La Sahari. 2004. Kualitas Tes Matematika Kelas 1 Semester II SMP Negeri 4 Baubau Tahun Pelajaran 2003/2004. FKIP Unidayan Baubau: Baubau.

Thoha, C. 1994. Teknik Evaluasi Pendidikan. Rajawali Press; Jakarta.

Usman dan Purnomo. 2006. Pengantar Statistik Edisi Kedua. PT. Bumi Aksara: Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 23 times
Tidak berjudul - 53 times