DESKRIPSI TRAJEKTORI BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH LITERASI MATEMATIKA

Andi Jusmiana, Sumarni Susilawati, Fahrul Basir

Sari


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan trajektori(lintasan) berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah literasi matematika. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII1 SMP Negeri 14 Makassar tahun pelajaran 2013/2014 dengan subjek penelitian 2 orang yakni RIF dan AGP. subjek dipilih berdasarkan pada kemampuan dalam menyelesaikan soal literasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dipandu oleh instrumen tugas pemecahan masalah literasi dan pedoman wawancara. Prosedur pelaksanaan penelitian mengikuti (1) tahap persiapan yakni dengan pengkajian teori yang sesuai, orientasi lapangan dan pengembangan instrumen, (2) tahap pelaksanaan meliputi pengambilan subjek berdasarkan hasil tes literasi, melakukan pengumpulan data, pemeriksaan keabsahan data, menelaah seluruh data, melakukan validasi data dengan memverifikasi data berdasarkan triangulasi waktu, pemaparan data serta menafsiran data atau menarik kesimpulan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan masalah literasi matematika yang terdiri dari empat konten soal yakni quantity, change and relationship, share and shape dan uncertainty and data, kedua subjek memiliki lintasan berpikir yang berbeda dalam menyelesaikan masalah. Kedua subjek melalui tiga tahapan utama dalam berpikir literasi yakni merumuskan, melaksanakan dan menafsirkan.
Kata kunci : Trajektori berpikir, Pemecahan masalah, Literasi matematika

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Alimuddin. 2012. Proses Berpikir Kreatif Matematika Mahasiswa Calon Guru Kreatif dalam Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Gender. Disertasi. Surabaya: UNESA.

Kamus Bahasa Indonesia Online. 2014. http://kamusbahasaindonesia.org/pikir. Diakses 3 Maret 2014.

Kohar, Ahmad wachidul. 2013. Literasi Matematika dalam PISA(Online). http://bangqohar.wordpress.com/2013/10/29literasi-matematika-dalam-pisa/. Diakses juli 2014.

Kurikulum 2013. 2012. Dokumen Kurikulum 2013. Jakata : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurikulum 2013. 2013. kompetensi dasar Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madrasah Tsanawiyah (Mts). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika. 2011. Instrumen hasil penilaian belajar matematika SMP, belajar dari PISA dan TIMSS. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Slavin, Robert E. 2009. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek. Jakarta Barat: PT Indeks

Somakim. 2007. Pengembangan Berpikir Matematika Tingkat Lanjut Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta 24 Nopember 2007.

Suhedra Yusuf. 2008. Analisis Tes PISA. (Online), (file:///G:/trajektorydanliterasi/ForumLiterasi.html, diakses 3 Maret 2014)

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 65 times
Tidak berjudul - 86 times