LESSON STUDY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIK MENGHADAPI MEA

Sri Damayanti, Irwan Irwan

Sari


Sejak diputuskan kesepakatan antara pimpinan negara-negara Asia Tenggara terkait Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), mau tidak mau Indonesia sebagai bagian dari negara ASEAN harus memanfaat peluang tersebut untuk menunjukkan kualitas dan kuantitas sumber daya, sehingga memberikan manfaat yang besar untuk mewujudkan stabilitas ekonomi negara Indonesia. Untuk mewujudkan SDM yang handal, unggul, terampil, dan berkarakter, maka lembaga pendidikan dituntut untuk meningkatkan kualitas pendidiknya. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk memfasilitasi lembaga pendidikan dalam menghasilkan SDM seperti pemberian hibah atau bantuan untuk peningkatan sarana dan prasarana, kualitas pendidik, dan lain-lain. Kurikulum yang diterapkan juga sudah mengalami banyak perubahan dari masa ke masa. Namun, komunitas belajar belum terlihat maksimal. Masih banyak dijumpai tenaga pendidik yang mengalami kesulitan dalam mengelola kelas. Kesulitan tersebut dibiarkan berlarut-larut. Disamping itu, fakta menunjukkan bahwa karya ilmiah yang ditulis oleh seorang guru juga masih rendah. Oleh karena itu, peneliti mencoba menawarkan solusi sebagai suatu upaya untuk meminimalisir kendala-kendala tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Peneliti menggunakan alat penelitian berupa dokumen dan wawancara. Dokumen yang digunakan adalah laporan hasil kegiatan Lesson Study di FKIP Universitas Cokroaminoto dan literatur yang mendukung. Penelitian ini menunjukkan bahwa Lesson Study merupakan upaya yang dapat diaplikasikan sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidik, sebab pada laporan kegiatan lesson study di FKIP UNCP, ada beberapa hal yang dilakukan oleh guru seperti keterbiasaan untuk berdiskusi dengan guru atau dosen sebelum melakukan aktifitas mengajar. Mereka berkolaborasi untuk menemukan strategi pembelajaran yang mendorong semua siswa aktif dan termotivasi untuk belajar. Permasalahan atau kendala yang dihadapi oleh siswa dijadikan acuan dalam merencanakan pembelajaran. Selain itu, aktifitas lesson study menciptakan kebiasaan guru dalam membuat karya ilmiah sesuai dengan fakta yang dialami di dalam kelas mereka.
Kata kunci: Lesson Study, Pendidik, Mutu, Aktifitas.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


FKIP. 2014. Laporan Akhir Tahun Pelaksanaan Kegiatan Lesson Study Tahun II. Dokumen tidak dipublikasikan.

FKIP. 2015. Laporan Akhir Tahun Pelaksanaan Kegiatan Lesson Study Tahun III. Dokumen tidak dipublikasikan.

Putu Ashintya Widhiarta. 2008. Lesson Study Sebuah Upaya Peningkatan Mutu Pendidik Non-Formal. Surabaya: Prima Printing Surabaya

Siti Sriyati. 2014. Jurnal Pengajaran MIPA Vol. 19 No. 1 April 2014.

Siska Candra Ningsih. 2013. Implementasi Lesson Study dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa. Prosiding SNMPM Universitas Sebelas Maret. Volume 1.

Sri Damayanti. 2015. The Lecturers’ Activity in Applying Lesson Study at University of Cokroaminoto Palopo. Posiding WALS. Lesson Study for Improvement of Classroom Quality. Conference Abstract. Anna Offset, Khon Kaen, Thiland.

Tatang Suratno. 2015. Collaboration, Collegiality and Teacher Development: A Narrative Inquiry into Lesson Study Practices in Indonesia. Posiding WALS. Lesson Study for Improvement of Classroom Quality. Conference Abstract. Anna Offset, Khon Kaen, Thiland.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 68 times
Tidak berjudul - 163 times