BERPIKIR KONSEPTUAL DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN IMPLIKASINYA DALAM KEHIDUPAN NYATA

Hamda Hamda

Sari


Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kompetensi penting yang akan dicapai dalam pembelajaran matematika. Kemampuan ini pada umumnya dapat ditransfer untuk digunakan dalam memecahkan masalah lain. Namun, kenyataan menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan menyelesaikan masalah matematika. Kesulitan ini disebabkan oleh cara berpikir siswa yang cenderung prosedural. Mereka terbiasa menghafal rumus dan menggunakan cara-cara rutin yang biasa digunakan dalam menyelesaikan soal matematika. Ketika menghadapi soal pemecahan masalah yang belum mempunyai prosedur tetap maka mereka mengalami kesulitan menyelesaikannya. Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan ini adalah dengan menggunakan berpikir konseptual dalam menyelesaikan masalah matematika. Dengan berpikir konseptual maka siswa mampu melihat keterkaitan antara konsep-konsep dan menemukan konsep kunci sebagai dasar untuk menentukan strategi penyelesaian yang paling tepat. Dengan demikian maka pemecahana masalah dapat dilakukan dengan lebih baik. Berpikir konseptual dapat dibelajarkan kepada siswa agar mereka terbiasa menggunakan cara berpikir ini. Kebiasaaan berpikir konseptual yang telah terbentuk dapat diterapkan dalam menyelesaikan masalah lain dalam kehidupan nyata.
Kata Kunci: Berpikir konseptual, Pemecahan masalah matematika, Implikasi dunia nyata

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Alimuddin. (2012). Proses Berpikir Kreatif Mahasiswa Calon Guru Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Perbedaan Gender (Disertasi doktoral tidak dipublikasikan). Unesa Surabaya, Surabaya, Indonesia

Arslan, S. (2010). Traditional instruction of differential equations and conceptual learning. Journal Teaching Mathematics and Its Applications. 29, 94-107

Browning, B. (2007). Emergenetics-Menyadap Ilmu Kesuksesan Baru. Jakarta: PT Gramedia

Engelbrecht, J., Bergsten, C., & Kagesten, O. (2009). Undergraduate students’ preference for procedural to conceptual solutions to mathematical problems. International journal of mathematical education in science and technology, 40(7), 927-940.

Engelbrecht, J., Harding, A., & Potgieter, M. (2005). Undergraduate Students’ Performance and Confidence in Procedural and Conceptual Mathematics. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 36(7), 701-712

Gutierrez, B. J. (2008). Conceptual Thinking. E-Connetion, 3(4), ...

Hejny, M., Jirotkova, D., & Kratochvilova, J. (2006). Early Conceptual Thinking. Proceedings 30th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (pp. 289-296). Prague, Prague:PME

Iannone, P., & Cockburn, A. D. (2006) Fostering Conceptual Mathematical Thinking In The Early Years: A Case Study. Proceedings 30th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education (pp. 329-336). Prague, Prague:PME

Iannone, P., & Cockburn, A. D. (2008). If You Can Count to Ten You Can Count to Infinity Really: Fostering Conceptual Mathematical Thinking in the First Year of Primary School. Journal Research in Mathematics Education, 10(1), 37-51

Indosdm. (2008, Noveber 4). Kamus Kompetensi: Pemikiran Konseptual (Conceptual Thinking). Diperoleh dari http://indosdm.com/kamuskompetensi-pemikiran-konseptual-conceptual-thinking

Kazemi, E., & Stipek, D. (2001). Promothing Conceptual Thinking in Four Upper-Elementary Mathematics Classrooms. The Elementary School Journal, 102(1), 59-80

Lybby, W. (1922). Conceptual Thinking. Jstor. 15(5), 435-442

Nottingham. (2015, Desember 14). Conceptual and Strategic Thinking. Diperoleh dari http://www.nottingham.ac.uk/hr/guidesandsupport/ performanceatwork/ pdpr/pdpr-behavioural-competency-guide/thinking-andinnovation/concep tual-and-strategic-thinking.aspx

Singapore Armed Forces (SAF). (2010, Juli 23). Conceptual Thinking. Diperoleh dari http://www.mindef.gov.sg/imindef/mindefwebsites/ atozlistings/saftimi/ units/cld/keyi deas/lcm/conceptual.html

Skemp, R. R. (1987). The Psykology of Learning Mathematics. New Jersey: Lawrence Erlbaum associates, Inc.

Stuhlman, D. D. (2015) Knowledge Management Terms. Diperoleh dari http://home. earthlink.net/~ddstuhlman/defin1.htm

Ubaedy, AN. (2008). Berkarier di Era Global. Jakarta: PT Gramedia

Voutsina, C. (2012). Procedural and conceptual changes in young children’s problem solving. Educational Studies in Mathematics, 79(2), 193-214.

Zubaidah, T. (2000). Proses Berpikir Keruangan Siswa Kls I SMP Negeri 32 Surabaya (Tesis master tidak dipublikasikan). PPs Unesa Surabaya, Surabaya, Indonesia


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.