PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR (SEBUAH STUDI KOMPARATIF INDONESIA DAN JEPANG)

Baharuddin Baharuddin, Busra Bumbungan

Sari


Penelitian ini mengkaji peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan dengan tujuan
membandingkan persamaan dan perbedaan partisipasi masyarakat Indonesia dan Jepang pada aspek
penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif komparatif
berdasarkan studi literatur. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat bentuk-bentuk partisipasi
masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan Sekolah Dasar di Jepang dan Indonesia, yakni: a) menjadi
Guru Pendamping (Tutor), b) terlibat dalam Kepanitiaan Sekolah, c) terlibat dalam Asosiasi Guru dan
Orangtua, d) menjadi Relawan (volunteers), e) membentuk Komite Sekolah, dan f) membentuk Asosiasi
Orangtua dan Anak. Adapun unsur-unsur masyarakat yang partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan
pendidikan Sekolah Dasar di Jepang dan Indonesia, yakni: a) orang tua/wali siswa, b) tokoh masyarakat, c)
alumni, d) anggota komite sekolah, e) pemilik yayasan, f) para ahli, dan g) mahasiswa.

Teks Lengkap:

Tidak Berjudul

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.