MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PALOPO
Sari
konvensional.
Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah dan model pembelajaran berbasis masalah
Teks Lengkap:
Tidak berjudulReferensi
Arends. 2008. Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar Edisi-7. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Ashari, N.W. 2014. Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis dan Evaluasi Matematik Siswa SMP. Tesis tidak diterbitkan. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
BSNP. 2006. Draf Final Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
Ilyas, M. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Pustaka Ramadhan. Bandung.
Lidinillah, D. 2007. Penggunaan Instrumen Monitoring Diri Metakognisi untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Menerapkan Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 5 (7): 2.
Nurrokhmah, F. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Pythagoras Kelas VIII SMP. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Risnawati. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika. Suska Press. Pekanbaru
Sagala, S. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung.
Samsinad. 2016. Pengaruh Penggunaan Strategi Means Ends Analysis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Walenrang. Skripsi tidak diterbitkan. Palopo. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo.
Sangkiri, A. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasisi Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Walenrang. Skripsi tidak diterbitkan. Palopo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo.
Setiawan, A. 2008. Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta. Yogyakarta.
Suyadi. 2012. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Rosda. Yogyakarta.
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Pasal 37 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.