KLASIFIKASI STADIUM KANKER SERVIKS MENGGUNAKAN SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN DECISION TREE

Irmayani Irmayani, Budyanita Asrun

Sari


Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan (SPK), untuk membantu paramedik, khususnya dokter dalam menentukan stadium kanker serviks. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) atau Decission Support System merupakan salah satu jenis sistem informasi yang bertujuan untuk menyediakan informasi, membimbing, memberikan prediksi serta mengarahkan kepada pengguna informasi agar dapat melakukan pengambilan keputusan dengan lebih baik. Secara konsep Decision Tree adalah salah satu dari teknik analisis keputusan dan merupakan salah satu metode klasifikasi pada Data Mining.Pada proses klasifikasi data, tentunya terdapat beberapa hal yang perlu diketahui mengenai penyebab kanker serviks yang digunakan sebagai tolak ukur dalam menentukan tingkat stadium, apakah digolongkan dalam stadium tinggi atau pada stadium rendah. Salah satu metode untuk mempermudah dalam menentukan stadium pada kanker serviks adalah dengan menggunakan pohon keputusan (Decision Tree). Dalam penelitian ini, gejala dan tanda-tanda yang digunakan sebagai parameter atau atribut untuk menentukan tingkatan stadium penyakit kanker serviks adalah keadaan umum pasien, penderita mengalami keputihan, adanya gejala anemia, adanya pendarahan pervaginam, dan ukuran atau massa tumor. Hasil pengujian objek sampel 19 pasien yang mengidap kanker serviks yang memiliki informasi atribut secara lengkap dari data pasien RS. DR. Wahidin Sudirohusodo Makassar diperoleh kesalahan Decision Tree sebesar 0%.

Kata Kunci: Data Mining , Decision Tree , Decission Support System , Kanker Serviks.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Han, Jiawei and Khamber, Micheline.“Data Mining : Concept and Tecniques”, Morgan Kaufman Publishers, San Fransisco,USA, 2001.

Nugraha, Boyke. “Bayang-Bayang Ca Serviks Sebagai Pembunuh No. 1 Pada Wanita Masa Kini”, Makassar, 2010.

Sunjana, “Aplikasi Mining Data Mahasiswa dengan Metode Klasifikasi Decision Tree”, Universitas Widyatama, (sunjana@widyatama.ac.id)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 27 times
Tidak berjudul - 17 times