PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN MONGISIDI II KOTA MAKASSAR

Winahyu Winahyu

Sari


Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN Mongisidi II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas IV SDN Mongisidi II. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga tahap kegiatan yang dilakukan secara berurutan, yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV pada mata pelajaran matematika SDN Mongisidi II Kecamatan Makassar Kota Makassar. Penigkatan juga terjadi pada aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar peserta didik dalam penerapan model pembelajaran PBL pada setiap siklus yakni siklus I berada pada kategori cukup dan kemudian meningkat pada siklus II menuju kategori baik dan telah mencapai indikator keberhasilan.

Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Istianah, Euis. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 2, No.1

Gunawan, Adi. 2006. Genius Learning State. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Modul Pedagogik Pendidikan Profesi Guru 2018. Jakarta: Ristekdikti

Muhfahroyun. 2009. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Indonesia.Bandung: JICA.

Pritasari. 2011. Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII IPA 2 SMA Negeri 8 Yogyakarta. Jurnal Mimbar Uviversitas Negeri Malang.

Sangkiri, A. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Walenrang. Skripsi tidak diterbitkan. Palopo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Cemerlang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 6 times
Tidak berjudul - 14 times