PROSES ASIMILASI DAN AKOMODASI MAHASISWA BERGAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GEOMETRI

Ahmad Yogi

Sari


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan/menggambarkan proses asimilasi dan akomodasi mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan masalah geometri. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNCP. Subjek penelitian ini adalah satu orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNCP Angkatan 2015 yang memiliki gaya kognitif field independent. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes GEFT, tes pemecahan masalah geometri dan wawancara. Tehnik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan proses asimilasi dan akomodasi mahasiswa field independent dalam menyelesaiakan masalah geometri pada tahap-tahap pemecahan masalah polya yaitu (1) Tahap memahami masalah terjadi prose asimilasi, (2) tahap merencanakan penyelesaian terjadi proses asimilasi dan akomodasi, (3) tahap melaksanakan rencana penyelesaian terjadi porses asimilasi dan (4) tahap memeriksa kembali terjadi proses asimilasi namun kurang sempurna.

Kata kunci: Asimilasi, akomodasi, gaya kognitif, field independent, masalah geometri.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Ilyas, M. (2018). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bilangan Bulat Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Journal of Mathematics Education Volume 3, Nomor 1 tahun 2018, 77-89.

Kurniawan, E., Mulyati, S., & Rahardjo, S. (2017). Proses Asimilasi dan Akomodasi dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Kecerdasan Emosional. Jurnal Pendidikan, Volume 2, Nomor 5 tahun 2017, 592-598.

Ma'rufi, Pasandaran, R. F., & Yogi, A. (2018). Pemahaman Konsep Geometri Mahasiswa Berdasarkan Gaya Kognitif Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Volume 2, Nomor 1,Tahun 2018, 56-67.

Mulyono. (2010). Proses Berpikir Mahasiswa dalam Mengkonstruk Konsep Matematika. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2010 (hal. G.1-G.8). Semarang: Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Muniri. (2015). Karakteristik Berpikir Intuitif Siswa SMA Bergaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Murtafi'ah, W., & Masfingatin, T. (2015). Proses Berpikir Mahasiswa dengan Kemampuan Spatial Intellegent Tinggi dalam Memecahkan Masalah Geometri. Kadikma, Volume 6, Nomor 1 Tahun 2015, 133-148.

Pasandaran, R. F. (2016). Profil Berpikir dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar Berpandu pada Taksonomi Solo Ditinjau dari Tingkat Efikasi Diri pada Siswa SMP Al-Azhar Palu. Journal of Mathematics Education Volume 1 Nomor 1, 86-96.

Sari, P. S. (2017). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matemaika Berdasarkan Gaya Belajar KOLB. Mathedunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 2 Nomor 6 Tahun 2017, 57-64.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 6 times
Tidak berjudul - 10 times