PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PPSI (PROSEDUR PENGEMBANGAN SISTEM INSTRUKSIONAL) DAN MODEL PEMBELAJARAN GERLACH DAN ELY PADA MATA KULIAH KALKULUS

Hardianto Hardianto

Sari


Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan Pretest-Posttest Comparison Group Design, suatu penelitian yang membandingkan dua model pembelajaran, yaitu model pembelajaran PPSI dan model pembelajaran Gerlach dan Ely yang dilaksanakan pada Mahasiswa pendidikan Matematika semester III Universitas Cokroaminoto Palopo. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan matematika dengan jumlah siswa 69 orang yang terdiri dari 34 mahasiswa kelas IIIA dan 35 siswa kelas IIIB. Penelitian ini dilaksanakan pada mata kuliah Kalkulus pokok bahasan Integral tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar matematika dimana data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Adapun hasil belajar matematika setelah diajar dengan menggunakan model PPSI pada mahasiswa kelas IIIA (eksperimen I) menunjukkan skor rata-rata 65,735, dan hasil belajar matematika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Gerlach dan Ely pada mahasiswa kelas IIIB (eksperimen II) dengan skor rata-rata 65,571. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran PPSI dan model pembelajaran Gerlach dan Ely. Dari hasil analisis uji hipotesis menunjukkan t Hitung < t Tabel, yaitu 0,07 < 0,67 dengan Kriteria pengujian = H0 diterima jika t Hitung < t Tabel, dan H1 diterima jika t Hitung > t Tabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa H0 diterima.

Kata kunci: PPSI, Gerlach dan Ely, dan Hasil Belajar.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Abdurrahman. 1993. Pengelolaan Pengajaran. Ujung Pandang: Bintang Selatan.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Abdurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran . Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. 2010. Pedoman Umum Sistem Pengujian Hasil Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta.

Hadi, Sutrisno. 1984. Metodologi Research. Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Hariwijaya. 2009. Meningkatkan Kecerdasan Matematika. Yogjakarta.

Jiha dan Haris. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Press.

Jujun. 1994. Filsafat Ilmu Jakarta: Sinar Harapan.

Kurnia, Suci.2006. Penerapan Metode Latihan Terbimbing Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 SMPN 1 Taliwang Sumbawa Barat Pada Pokok Bahasan Segitiga (Skripsi, JurusanPendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, STIT-NH).

Mislakhudin.2006. Studi Penerapan Pembelajaran Kontekstual Pada Bidang Studi Matematika Pokok Bahasan Ruang Dimensi Tiga Di Kelas X MA Miftahul Ishlah Tahun Ajaran 2005/2006 (Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, STKIP Pasuruan)

Nurhayati, Binti.2006. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model PPSI (Prosedur Pengembangan Sistem Intruksional) Pada Materi Segi Empat Kelas VII MTS Muhammadiyah 1 Malang”. (Skripsi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang).

Rahmat, Adi. 2009. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pengembangan Gerlach Dan Ely Pada Siswa Kelas XI/I SMA 1 Tanete Kec. Bulukumpa Kab. Bulukumba. (Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, UIN Alauddin Makassar).

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia (Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional)

Sudjana, Nana. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru Algesindo.

______. 2005. Penilaian Hasil Belajar Mengajar Bandung: Raja Rosakarya.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi. Jakarta: Alfabeta.

_______. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suryabarata, Sumadi. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo.

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tiro, Muhammad Arif. 2003. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: State University of Makassar Press.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 21 times
Tidak berjudul - 9 times