IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA MATA KULIAH TEORI PELUANG UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO

Aswar Anas, Sukmawati Sukmawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemahaman konsep teori peluang mahasiswa program studi pendidikan matematika semester IV tahun ajaran 2016/2017 sebelum dan setelah diterapkannya metode tutor sebaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan satu kelas dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Dalam penelitian ini pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Adapun teknik pengambilan data adalah mengunakan pretes-postest. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa pemahaman konsep teori peluang mahasiswa sebelum diberikan perlakuan berada dalam ketegori sangat rendah dan pemahaman konsep teori peluang mahasiswa setelah diberi perlakuan berada dalam ketegori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep pada mahasiswa program studi pendidikan matematika setelah diajar menggunakan metode tutor sebaya.

Kata Kunci : pemahaman konsep teori peluang dan metode tutor sebaya

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Abizar, (1988). Komunikasi Organisai, Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi.

Amirudin Moh. (2010). Implementasi Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII A Mts-Alma’arif 01 Singosari Malang. Malang: UIN Maulanamalik Ibrahim.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Erman, Suherman.Dkk. (2001).Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung. Jica

Ischak & Warji. 1987. Pengajaran Tutor Sebaya. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Komang I.G. (2012). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Tutor Sebaya Berbantuan Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Tik Mahasiswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 1 Sukasada Tahun Ajaran 2011/2012. Kumpulan Artikel Mahamahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI) Volume 1, Nomor 3

Sugiyono. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. . Bandung : Alfabeta.

Suherman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.