ETIKA PROFESI DALAM PERSPEKTIF ILMU “SERTIFIKASI GURU”

Nisraeni Nisraeni, Iyan Irdiyansyah, Luki Yunita

Sari


Guru merupakan salah satu komponen terpenting dalam pendidikan. Guru berperan penting baik dalam perencanaan dan persiapan maupun pelaksanaan. Dalam Undang-undang Sisdiknas tentang guru No. 20 Tahun 2003 pasal 39 menyatakan bahwa (1) guru merupakan tenaga kependidikan bertugas melaksanakan tugas administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan, (2) guru merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terutama bagi pendidik dan perguruan tinggi. Guru merupakan sebuah profesi, sebuah profesi hanya dapat memperoleh kepercayaan dari masyarakat, bilamana dalam diri para elit profesional tersebut ada kesadaran kuat untuk mengindahkan etika profesi pada saat mereka ingin memberikan jasa keahlian profesi kepada masyarakat yang memerlukannya. Guru profesinal di samping mereka berkualifikasi akademis juga dituntut memiliki kompetensi, artinya memiliki pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasainya dalam melaksanakan tugas keprofesionalannya

Kata kunci: Guru, Etika, Profesi, Sertifikasi

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Abizar, (1988). Komunikasi Organisai, Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi.

Anonim, (2003) Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional 2003, Jakarta. Penerbit Sinar Grafika.

DAHAR, Ratna Wilis, (1988). Teori-teori Belajar, Jakarta, Penerbit Erlangga.

Efendy, Onong Uchhana, (2004). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung, Penerbit Remaja Rodakarya.

Hamalik, Oemar, (2003) Proses Belajar Mengajar, Jakarta, Penerbit Bumi Aksara

Hashim, Shahabuddin & Yaakub, Rohizani, (2004) T eori Personaliti Dari Perspektif Islam, T imur & B arat, Pahang, PTS Publications & Distributor SDN BHD.

Manan, Imran, (1989). Antropoli Pendidikan Suatu Pengantar, Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi.

Nurtain (1989). Supervisi Pengajaran Teori dan Praktek , Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi. Poerwadarminta, W.J.S, (1983).Kamus Umumn B ahas Indonesia, Jakarta, Penerbit. Balai Pustaka.

Prajudji Atmosudirdjo, S, (1982). Dasar-Dasar Ilmu Administrasi , Jakarta, Ghalia Indonesia


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 7 times
Tidak berjudul - 4 times