KEMAMPUAN MENYIMAK DONGENG MELALUI STRATEGI TEBAK KATA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MASAMBA KABUPATEN LUWU UTARA

Nirwana Nirwana, Pancana Beta, Darmawati Darmawati

Sari


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menyimak dongeng melalui penerapan strategi tebak kata siswa kelas VII SMP Negeri 3 Masamba Kabupaten Luwu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian berjumlah 18 orang siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah statistik sederhana berdasarkan keantusiasan siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pada tes awal sebelum diberikan perlakuan sampel yang memperoleh nilai ≥75 sebanyak 2 orang siswa atau sebesar 11,12% dan siswa yang memperoleh nilai <75 sebanyak 16 siswa atau sebesar 88,88%. Sedangkan pada tes akhir setelah diberikan perlakuan sampel yang memperoleh nilai ≥75 sebanyak 14 siswa atau 77,78% dan siswa yang mendapat nilai <75 sebanyak 4 siswa atau 22,22%. Sesuai dengan uraian hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyimak dongeng melalui penerapan strategi tebak kata siswa kelas VII SMP Negeri 3 Masamba Kabupaten Luwu Utara telah memadai setelah diberikan tes akhir dengan penerapan strategi tebak kata.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Akhadiah. Sabarti. dkk. 2001. Menulis. Bandung: Pustaka prima.

Azizah, Nur. 2014. Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Penerapan Metode Bercerita Pada Siswa Kelas II SDN Pamulang Permai Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi program sarjana Universitas Islam Negeri (UIN). Tangerang Selatan.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta

Djumingin, Sulastriningsih. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Negeri Makassar: Makassar

Hartig, Hugo. 2008. Tujuan Menulis. Angkasa. Bandung.

Isma. 2016. Kemampuan Menentukan Unsur Intrinsik Cerpen Robohnya Surau Kami Karya A A Navis melalui Model Inkuiri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Masamba Kabupaten Luwu Utara. Universitas Cokroaminoto Palopo. Tidak diterbitkan.

Nurgiantoro, Burhan. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompotensi. BPFE-YOGYAKARTA: Yogyakarta

Tarigan, 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa: Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 8 times
Tidak berjudul - 9 times