PERANAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Rizky Ramadhana

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar kemampuan memecahkan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah, mendeskripsikan seberapa besar kemampuan memecahkan masalah matematika siswa yang diajar secara konvensional, dan juga untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diajar secara konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah The Randomized Posttest Only Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Ihya’ Ulumiddin tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 42 orang yang terbagi ke dalam dua kelas, yaitu kelas VIIA dengan jumlah siswa 21 orang, kelas VIIB dengan jumlah siswa 21 orang. Kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas VIIA dan kelas control adalah kelas VIIB dimana penentuan kelas dilakukan secara random. Hasil análisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah 77.00 dengan standar deviasi 9,061. Sedangkan skor rata-rata siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional 62,14 dengan standar deviasi 14,691. Dan hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa hasil uji t diperoleh nilai p = 0,000 < α = 0,05, artinya Ho ditolak atau H1 diterima dengan demikian kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 1995,. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta; Rineka Cipta.

Ibrahim, Muslimin & Nur, Mohammad. 2005. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Edisi 2. Surabaya: University Press.

Ibrahim, Muslimin., 2000, Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

Kosasih,E. 2015. Strategi belajar dan pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Moedjiono dan Dimyati, M. 1993. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: Depdikbud.

Polya, G. 1985. How to Solve It . A New Aspect of Mathematical Method (2nd ed). Princeton, New Jersey : Princeton University Press.

Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sujono. 1988. Pengajaran Matematika untuk Sekolah Menengah. Jakarta: Proyek Pengembangan LPTK, Depdikbud.

Sumarmo,U, Dedy, E dan Rahmat (1994). Suatu Alternatif Pengajaran untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Matematika pada Guru dan Siswa SMA. Laporan Hasil Penelitian FPMIPA IKIP Bandung

Sumiati dan asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wardhana, Yana. 2010. Teori Belajar dan Mengajar. Bandung: PT. Bumi Mekar.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 9 times
Tidak berjudul - 8 times