ANALISIS PERSEPSI KINESTETIK TERHADAP KEMAMPUAN MEMANAH ATLET PANAHAN KOTA PALOPO

Andi Khemal Akbar, Andi Nurhayati

Sari


Penelitian ini bertujuan: ”Untuk mengetahui apakah ada kontribusi persepsi kinestetik terhadap kemampuan memanah atlet Panahan Kota Polopo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriftip Korelasional yaitu penelitian yang diarahkan untuk menjelaskan hubungan antara dua variabel yaitu variabel bebas persepsi kinestitik dengan variabel terikat kemampuan memanah atlet panahan Kota Palopo. Adapun lokasi Penelitian ini dilaksanakan di Kota Palopo. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data melalui tes persepsi kinestetik Vertical Linear Space Test, dan tes kemampuan memanah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Ada kontribusi persepsi kinestetik terhadap kemampuan memanah atlet Panahan Kota Palopo sebesar = 36.9% sedangkan sisanya 63.1% disebabkan oleh sebab-sebab lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Terbukti dengan nilai () 0.608 dengan tingkat probabilitas (0.000) < α 0.05 dengan nilai R square (koefisien determinasi)
0.369. Hasil ini menunjukkan persepsi kinestetik memiliki kontribusi yang signifikan terhadap atlet Panahan Kota Palopo.

Kata Kunci: Persepsi Kinestetik, Kemampuan Memanah

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Ardi, M. & Aryani, L. 2010. Hubungan Antara Persepsi Kinestetik Terhadap Organisasi deangan Minat Berorganisasi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska. Jurnal Psikologi.

Atmasubrata, G. 2012. Serba Tahu Dunia Olahraga. Surabaya: Dafa Fublishing.

Atmojo, B. M. 2010. Tes dan Pengukuran Jasmani/ Olahraga. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS ( UNS Press).

Barret, A. J. 1990. Olahraga Panahan Pedoman, Teknik dan Analisa. Semarang: Dahara Prize. Blog. Fokado. Com

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Giriwijaya, S. & Sidik, Z.D. Ilmu Faal Olahraga (Fisiologi Olahraga). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gunarsah, D, S. 2008. Psikologi Olahraga Prestasi. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Hakim, H. Februari 2012. Pengaruh Latihan Isotonik Dan Latihan Isometrik Terhadap Kemampuan Memanah pada Cabang Olahraga Panahan. Competitor Nomor 1 Tahun 4

Husdarta, S. J. 2011. Psikologi Olahraga. Bandung: Alfa Beta

Herywansyah. 2011. Perbedaan Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Persepsi Kinestetik Terhadap Hasil Tembakan Lay Up Bola Basket. Jurnal Ilmiah Spirit. Vol 11. No 3

Ismayati. 2009. Tes dan Pengukuran Olahraga. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS dan UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS (UNS Press)

Kurniawan, F. 2014. Buku Pintar Olahraga Mens sana In Corpore Sano. Jakarta: Laskar Askara.

Komaruddin. 2013. Panahan Teknik dan Analisis. Bandung: Alfa Beta

Nawir, N. Juni 2011. Kontribusi Kekuatan Otot Tangan dan Daya Tahan Otot Lengan dengan Kemampuan Memanah Jarak 30 Meter pada atlet Panahan Sulsel. Competitor Nomor 2 Tahun 3.

Noor, J. 2012. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Pasau, A. M. 2012. Pertumbuhan dan Perkembangan Fisik Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Prasetyo, Y. November 2010. Pengembangan Ekstra Kurikuler Panahan di Sekolah Sebagai Wahana Membenttuk Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume7. Nomor 2 . Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY.

Rahmani, M. 2014. Buku Super Lengkap Olahraga. Jakarta: Dunia Cerdas.

Rehantoknam, E. B. 1988. Belajar Motorik: Teori dan Aplikasinya dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Rosdiana, D. 2012. Dinamika Olahraga dan Pengembangan Nilai. Bnadung: Alfa Beta.

Satiadarma, P, M. 2000. Dasar-Dasar Psikologi Olahraga. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Soegiyanto. Juli 2011. Kondisi Atlet Panahan Program atlet Andalan Nasional Indonesia Emas (Prima). Jurnal Media Ilmu Keolahragaan Indonesia. Volume I Edisi I

Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfa Beta.

Wirasasmita, R. 2013. Ilmu Urai Olahraga I Analisis Kinetik pada Olahraga. Bandung: Alfa Beta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 4 times
Tidak berjudul - 1 times