PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 PALOPO

Ahmad Ahmad, M. Iqbal Hasanuddin

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendapatkan informasi yang di akibatkan oleh pengaruh media audio visual dalam meningkatan hasil belajar renang gaya bebas. Sedangkan target khususnya adalah: untuk mengetahui pengaruh pembelajaran media audio visual terhadap peningkatan hasil belajar renang gaya bebas pada siswa SMP Negeri 3 Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized PretestPosttest Group Design dengan menggunakan kelompok kontrol. Populasinya adalah siswa putra dan putri kelas III (tiga) SMP Negeri 3 Palopo sebanyak 120 orang. Jumlah sampel yang digunakan adalah 30 orang, Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah secara acak (random sampling) tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif sehingga teknik analisa data yang di gunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial karena statistik deskriptif untuk mendapatkan gambaran secara umum dan statistik inferensial untuk menguji hipotesis dengan mengunakan uji t berpasangan. Jadi analisis data statistik tersebut diolah melalui komputer dengan program SPSS versi 16.00 dengan taraf signifikan 95 % atau α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Ada pengaruh pembelajaran media audio visual terhadap peningkatan hasil belajar renang gaya bebas pada siswa SMP Negeri 3 Palopo, telah dibuktikan bahwa nilai t-hitung = 8.664 lebih besar dari nilai t-tabel = 2.145 dengan tingkat signifikan (0.000) < 0.05.

Kata kunci; gaya bebas, media audio visual.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arikunto Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Darmadi Hamid. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. ALFABETA.

HaryokoSapto. (2009). Jurna Edukasi@Elektro. Makassar: UNM Makassar.

Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.(2008). Pedomandan Menteri Pelatihan Pelatih Tingkat Muda. Republik Indonesia: Deputi Bidang Peningkatan Prestasi dan Iptek Olahraga.

Siadari Masta Fransiska. (2011). Efektivitas Model Pembelajaran Contexstual Teaching Learning Tipe Kontrukstivisme. Tersedia di http://www.word-to-pdf-converter.net.Di aksestanggal 18 Maret 2017.

Sugiyono.(2012). MetodePenelitianKombinasi. Bandung: CV. ALFABETA. [7] Sukiman.(2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PEDAGOGIA.

SusantoErmawan. (2009). JurnalIlmiahPendidikan. Yogyakarta: IkatanSarjanaPendidikan Indonesia DIY dan LPM UniversitasNegeri Yogyakarta.

-----------------. (2010). JurnalPenelitianPendidikan. Surakarta: Paedagogia.

Thomas David G. (2007). Renang Tingkat Mahir. Jakarta: PT. RAJA GRAFINDO PERSADA.

WiradanaGde I Wayan.(2012). PengaruhStrategiKonflikKognitif Dan BerpikirKritisTerhadapPrestasiBelajar.Program PascaSarjanaUniversitasPendidikanGaneshaSingaraja. Tersedia di weblembongan@yahoo.co.id.Di aksestanggal 18 Maret 2017.

Yamin Martinis. (2013). StrategidanMetodedalam Model Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 20 times
Tidak berjudul - 29 times