EVALUASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN KECAMATAN MAIWA KABUPATEN ENREKANG

Arif Efendi A. S, Yunus Busa

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan penyelenggaraan PKH di Kabupaten Enrekang khususnya di Kecamatan Maiwa. Pendekatan evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan evaluasi context, input, process, dan produt (CIPP) yang dikembangkan oleh stufflebeam. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif, jenis penelitian evaluasi dengan teknik pengumpul data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan PKH dari Pada aspek konteks terkait tentang kesesuaian antara tujuan penyelenggaraan PKH terhadap visi, misi, dan tujuan pemerintah, telah terjadi kesesuaian dengan sangat baik, pada aspek input yang meliputi kondisi pelaksana dalam hal ini SDM PKH, Peserta, dan dana bantuan pada PKH sudah sesuai dan pada kondisi baik, pada aspek proses menunjukkan penyelenggaraan PKH yang meliputi sosialisasi program, pembinaan SDM PKH, proses pendampingan, pengelolaan data PKH, pemenuhan komitmen serta proses penyaluran bantuan semua dalam kondisi baik dan telah sesuai dari apa yang diharapkan oleh program, dan pada aspek produk atau Hasil yang diperoleh dari penyelenggaraan program meliputi peningkatan kualitas SDM PKH, tertib data administrasi PKH, dan kemanfaatan dana bantuan sudah pada kondisi baik dan telah sesuai dari apa yang diharapkan oleh program.

Kata Kunci: Evaluasi, Program Keluarga Harapan

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Agus, Slamet Purwanto. Sumartono. M. Makmur. 2013, Implementasi Kebijakan ProgramKeluarga Harapan (PKH) Dalam Memutuskan Rantai Kemiskinan (Kajian di Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto). Jurnal Wacana. Vol.16, No. 2.

Arikunto, S & Jabar, C. S. A. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Chusniyah, Tutut & Pitaloka, Ardiningtias. 2012. Analisis Wacana Pada Media Internet Terhadap Optimisme dan Harapan Tentang Masa Depan Indonesia. Jurnal Sains Psikologi. 2 (2), 67-81.

Daryanto, H. 2010. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Direktorat Jaminan Sosial Dikrektorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI, 2015 Buku kerja Pendamping dan Operator PKH. Jakarta.

Direktorat Jaminan Sosial Dikrektorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI, 2012, Pedoman Operasional PKH Bagi Pemberi Pelayanan Kesehatan. Jakarta.

Direktorat Jaminan Sosial Dikrektorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI, 2012, Pedoman Operasional PKH Bagi Pemberi Pelayanan Pendidikan. Jakarta.

Direktorat Jaminan Sosial Dikrektorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI, 2012, Pedoman Operasional Sistem Informasi Manajemen PKH. Jakarta.

Direktorat Jaminna Sosial Dikrektorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI, 2015, Pedoman Umum Program Keluarga Harapan. Jakarta.

Goodge, W. J., 2007, Sosiologi Keluarga, Jakarta: Bumi Aksara

Inpres nomor 3 tahun 2010, tentang program pembangunan yang berkeadilan poin lampiran ke 1 tentang penyempurnaan Progran Keluarga Harapan.

Inpres nomor 1 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan korupsi poin lampiran ke 46 tentang pelaksanaan transaksi penyaluran bantuan langsung tunai bersyarat bagi rumah tangga sangat miskin (RTSM) sebagai peserta Program Keluarga Harapan.

Jones, Charles O., 1996, An Introduction to The Study of Public Polic, (Massachusetts: Duxbury Press) hal. 138.

Mardapi, D. 2007. Teknik Instrumen Tes dan Non Tes. Jakarta: Mitra Cendikia Press.

Miles, M. Huberman, A. 1983, Qualitative Data Analysis. Bevery Hills, CA: Sage

Mulyatiningih, E. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Muyana, S. 2017. Context Input Process Produk (CIPP) : Model Evaluasi Layanan Informasi. Jurnal CIPP, 1 (1), 342-347.

Linley, P. A.& S. Joseph (Ed.), 1994. Positive Psychology in Practice. New Jersey: John Wiley & Sons.

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 1994 (BKKBN 1996), tentang Penyelenggaraan Keluarga Sejahtera

Perpres Nomor 15 Tahun 2010 tentang Percepatan Penangulangan Kemiskinan.

Puspitawati, Herien, 2009, Keterkaitan Sistem Keluarga dan Sekolah terhadap Kenakalan Pelajar. Bandung: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Ruslan. 2009. Validitas Isi, Buletin Pa’biritta No. 10 Tahun IV September 2009.

Soetomo, 2006, Strategi-strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Sri Wahyudi Suliswanto, M. 2010, Pengaruh Produk Domestik Bruto (PDB) dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Terhadapa Angka Kemiskinan di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan. 8 (2), 357-366.

Sudjana, N, H. 2011. Supervisi Pendidikan Konsep dan Aplikasinya bagi Pengawas Sekolah. Bekasi: Binamitra Publishing Cikarang.

Sugiono, 2009, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfa Beta.

Suleman, S. A. & Resnawaty, R. 2016. Program Keluarga Harapan (PKH): Antara Perlindungan Sosial dan Pengentasan Kemiskinan. Prosiding KS: Riset &PKM. 4 (1), 1-140.

Tayibnasis, F. Y. 2008. Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1992 tentang Definis Keluarga.

Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesehjahtraan Sosial.

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penangan Fakir Miskin.

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 pasal 57 ayat (1) tetang Evaluasi

Widoyoko, E, P. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wirawan, 2012, Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 9 times
Tidak berjudul - 9 times