PENGARUH PERSEPSI SISWA TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DAN XI IPA SMAN 8 MAKASSAR TAHUN AJARAN 2017/2018

Dian Firdiani, Rayani Rayani, Irman Syarif

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa terhadap pola asuh orang tua dan tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas X dan XI IPA SMAN 8 Makassar Tahun Ajaran 2017/2018Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI IPA SMAN 8 Makassar tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah sampel 212 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) angket persepsi siswa terhadap pola asuh orang tua, (2) angket tingkat pendidikan orang tua, (3) angket motivasi belajar, Data dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial yakni analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pola asuh orang tua memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap motivasi belajar Biologi siswa, tingkat pendidikan orang tua memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap motivasi belajar Biologi siswa, persepsi siswa terhadap pola asuh orang tua memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap hasil belajar Biologi siswa, tingkat pendidikan orang tua memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap hasil belajar Biologi siswa, motivasi belajar memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap hasil belajar Biologi siswa, persepsi siswa terhadap pola asuh orang tua berpengaruh tidak langsung dan signifikan terhadap hasil belajar Biologi siswa melalui motivasi belajar, dan tingkat pendidikan orang tua berpengaruh tidak langsung dan signifikan terhadap hasil belajar Biologi siswa melalui motivasi belajar. Koefisien jalur untuk masing-masing pengaruh, secara berturut-turut adalah 0,38; 0,58; 0,06; 0,08; 0,86; 0,32; dan 0,49.

Kata kunci: Pola asuh, tingkat pendidikan orang tua, motivasi, hasil belajar Biologi.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Agustiawati, I. 2014. Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMAN 26 Bandung. UPI: Bandung.

Ahmadi, A. 1997. Strategi Belajar. Bandung: Pustaka Setia.

Aliah, R. 1990. Pola Asuh Orang Tua. Yogyakarta: Eresco.

Ardila, A., Roselli, M. & Matute, E. 2005. The Influence of the Parents’ Educational Level on the Development

Cholilah. 2007. Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Hubungannya Dengan Prestasi Belajar Siswa MI Hiyatul Islam Tanah Abang. Tesis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Dasmo, Nuhayati, Mahento, G. 2012. Pengaruh tingkat pendidikan dan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar IPA. Tesis. Universitas Indraprasta PGRI: Banten.

Gunarsa, S. 2006. Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulya.

Hamalik, O. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Idris, Z. 2005. Pendidikan dan Keluarga. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Lestari, E. 2014. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS. PGRI: Yogyakarta.

Muhibbin, S. 2010. Psikologi Pendidikan dan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Musaheri. 2007. Pengantar Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSod.

Mustholik & Shalihati, S.K. 2014. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Semester IV Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Tesis. Universitas Muhammadiyah: Purwokerto.

Patmonodewo, S. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sukiniarti. 2006. Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Mahasiswa di Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan 7 (1): Hal 12-18.

Willis, S.S. 2009. Konseling Keluarga. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 189 times
Tidak berjudul - 201 times