HUBUNGAN ANTARA KETERLAKSANAAN PRAKTIKUM IPA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KABUPATEN ENREKANG

Aminullah Aminullah, Masnur Masnur

Sari


Kegiatan praktikum dapat diartikan sebagai suatu rangkaian kegiatan yang memungkinkan siswa memperoleh keterampilan proses sains dengan tujuan untuk menemukan atau membuktikan teori. Praktikum juga dapat membangkitkan motivasi belajar IPA peserta didik, karena dalam kegiatan praktikum peserta didik dapat belajar dengan melibatkan semua alat indera dalam pengamatan dan percobaan yang dilakukan sehingga mempengruhi motivasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah (i) Untuk menganalisis tingkat keterlaksanaan praktikum IPA, motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa; (ii) Untuk menganalisis hubungan keterlaksanaan praktikum IPA dengan motivasi belajar siswa; (iii) Untuk menganalisis hubungan keterlaksanaan praktikum IPA dengan hasil belajar IPA siswa; (iv) Untuk menganalisis hubungan Motivasi belajar siswa dengan hasil belajar IPA siswa; (v) Untuk menganalisis hubungan keterlaksanaan praktikum IPA dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bersifat korelasi ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Enrekang, tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 3 sekolah. Jumlah siswa kelas VIII dari ketiga sekolah tersebut sebayak 494 siswa kemudian dilakukan pengambilan sampel secara random sampling dan terpilih 5 rombongan belajar dengan jumlah siswa 160 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument berupa angket keterlaksanaan praktikum, motivasi belajar dan dokumentasi hasil belajar IPA. teknik analisis data menggunakan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) rata-rata keterlaksanaan praktikum IPA sebesar 82,64. Rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 77,63 dan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,07; (ii) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterlaksanaan praktikum IPA dan motivasi belajar siswa; (iii) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterlaksanaan praktikum IPA dengan hasil belajar IPA; (iv) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar IPA; (v) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterlaksanaan praktikum IPA dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN di Kabupaten Enrekang.

Kata Kunci: Keterlaksanaan Praktikum, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek Edisi II. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2015. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Eva, C., Vanderheyden, K. & Backhaus, K. 2014. The Impact of Student Style Differences and Motivation on Learning Outcomes in Management Education: An International Inquiry. Jurnal Reflecing Education 9 (2).

Freedman, M. P. 1997. Relationship Among Laboratory Instruction, Attitude Toward Science, and Achievement in Science Knowledge. Jurnal of Research in Science Teaching. 34(4).

Kemendikbud. 2014. Panduan Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium IPA, Direktorat Jenral Pendidikan Dasar, Direktorat Pembina Sekolah Menengah Pertama.

Khamida, N. & Aprilia, N. 2014. Evaluasi Program Pelaksanaan Praktikum Biologi Kelas XI SMS Se- Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. JUPEMASIPBIO. 1(1).

Laite, L. & Luis, D. 2013. Laboratory Activities, Science education and Problem Solving Skills. Procedia Social and behavioral Sciences. 106.

Maarif, N. 2016. Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Kegaitan Praktikum di Laboratorium IPA SMP AL Umar Ngargosoko Strumbung Junior School, Magelang. Jurnal Hanata Widya. 5(7).

Rustaman, N. 2011. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung: UPI.

Safitri, D., Maryam., & Mustami, K.M. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran ARIAS Setting Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Terhadap Motivasi dan Hasil Biologi. Jurnal Biotek 4(2).

Santrock. J. W. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sutrisno, W. 2007. Pemeliharaan Fasilitas Laboratorium IPA untuk Diklat Teknis Laboratorium. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan tenaga Kependidikan IPA.

Sutrisno, W. 2007. Pemeliharaan Fasilitas Laboratorium IPA untuk Diklat Teknis Laboratorium. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan tenaga Kependidikan IPA.

Wulandari V, C, P., Masjhudi., & Bulqis. 2013. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Penguasan konsep Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Malang. Tesis Magister. Tidak Diterbitkan. Universitan Negeri Malang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 9 times
Tidak berjudul - 7 times