PENGEMBANGAN BUKU AJAR DAN LEMBAR KERJA BERBASIS MASALAH UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA

Rustiani S, Hafsyah Hafsyah, Suparman Suparman

Sari


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan buku ajar dan lembar kerja yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan produk menggunakan modifikasi model 4-D dari Thiagarajan. Ujicoba dilakukan di SMA Negeri 1 Enrekang pada peserta didik kelas X IPA 2. Hasil yang diperoleh pada ujicoba tersebut adalah pengembangan buku ajar dan lembar kerja peserta didik, yaitu: a) hasil analisis validasi x ̅ = 3,9 dengan kriteria sangat valid dan nilai reliabilitas R = 97%; b) hasil analisis tingkat kepraktisan x ̅ pengamat = 2 berada pada internal 1,5 V 2,0 dengan kategori dapat terlaksana sepenuhnya; c) hasil uji keefektifan: semua aktivitas peserta didik berada pada batas toleransi pencapaian waktu ideal yang telah ditetapkan, 97,8% peserta didik yang memberikan respon positif terhadap buku ajar dan lembar kerja yang digunakan, rata-rata nilai THB = 85 dengan persentase 82,1% berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi. Implikasi dari hasil penelitian ini, antara lain: (1) kepada pendidik Matematika untuk dapat menggunakan perangkat ini pada materi Geometri, (2) untuk keperluan pengembangan selanjutnya, pendidik diharapkan dapat mengembangkan sendiri perangkat pembelajaran (RPP, buku ajar, lembar kerja dan tes hasil belajar) yang disesuaikan dengan model pembelajaran yang digunakan, (3) bagi peneliti yang berminat melakukan penelitian pengembangan perangkat agar mencermati segala kelemahan dan keterbatasan penelitian ini, sehingga penelitian yang dilakukan dapat menghasilkan perangkat yang lebih valid, praktis, dan efektif.

Kata Kunci : Pengembangan, Buku Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik, Pembelajaran Berbasis Masalah

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Edo, S, I., Hartono, J., & Putri, R. I. I., (2013). Investigasi Secondary School Students’ Difficulties in Modelling PISA-Model Level 5 and 6. IndoMS. J.M.E, 4(1), 41-58

Machmud, T., Ismail, S., & Bito., N. (2015). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Model Penemuan Terbimbing untuk Materi Bangun Ruang di SMP se- Provinsi Gorontalo. Jurnal Paradikma, 8(3), 1-12.

Mulyana, A.,& Sumarmo, U. (2015). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Didaktik, 9(1), 40-51.

Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: UNESA.

Padmavathy, R. D.,& Mareesh, K. (2013). Effectiveness of Problem Based Learning in Mathematics. International Multidisciplinary e-Journal, 2(1), 45-51

Redhana, I. W. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46(1), 76-86

Sumarmo, U., Hidayat, W., Zulkarnaen, R., Hamidah, Sariningsih, R. (2012). “Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematis: Eksperimen terhadap Siswa SMA menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write”. Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 17-33.

Supraptinah, U., Budiyono, Subanti, S. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Discovery Learning, Problem Based Learning, dan Think-Talk-Write dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(10),1138-1149.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 10 times
Tidak berjudul - 12 times