PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KOOPERATIF DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMA

Muhammad Ilyas, Ma'rufi Ma'rufi, Fitriani A

Sari


Pembelajaran matematika merupakan proses interaksi antara guru dan siswa pada suatu lingkungan belajar yang sengaja diciptakan oleh guru dengan berbagai elemen pembelajaran matematika untuk membentuk pola pikir, pemahaman, penalaran, dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Karakter dapat dibangun melalui pembiasaan termasuk pembiasaan dalam pembelajaran berbasis kooperatif dengan mengintegrasikan kecerdasan emosional. Artikel ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan model pembelajaran matematika berbasis kooperatif dengan mengintegrasikan kecerdasan emosional. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA. Fokus artikel ini adalah mendeskripsikan kecerdasan emosional siswa yang dapat dikembangkan selama menerapkan pembelajaran matematika berbasis kooperatif pada mata pelajaran matematika. Data dikumpulkan melalui observasi pembelajaran dan wawancara yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis secara kualitatif dengan tahapan reduksi, kategorisasi, interpretasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat memanfaatkan emosi secara produktif dalam pembelajaran matematika dengan indikasi bertanggung jawab, mampu memusatkan perhatian pada tugas yang dikerjakan, percaya diri, ulet, terampil dalam berkomunikasi, lebih baik dalam mendengarkan pendapat orang lain, puas atas penghargaan yang diberikan.

Kata Kunci: Pembelajaran, matematika, kooperatif, kecerdasan emosional, siswa SMA

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Ginanjar, A., A. (2003). ESQ Berdasarkcn 6 Rukun Islam (Jakarta: Arga, 2001), p.66. Steven J. Stein dan Howard. E Book, Ledakan EC?, 15 Prinsip Dasar Kecerdasan Emosional Meroih Sukses. Bandung: Kaifa.

Goldman, (2003). Kecerdasan Emosional Untuk Mencapai Puncak Prestos/(Working With Emotional Intelligence), Alih Bahasa Alex TO Kantjono Wicodo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ilyas, M., & Fitriani, A. (2015). Pembelajaran Matematika melalui Model Kooperatif Tipe Make a Match dan Tipe Scramble Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Palopo. Sainsmat, 3(1).

Ilyas, M. (2014). Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter dengan Melibatkan Kecerdasan Emosional Mahasiswa. Prosiding, 1(1), 47-54.

Ibrahim, M. (2015). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.

Lie, A. (2002). Cooperative Learning. Mempraktikkan Cooperatif learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Plomp, Tjeerd., (1997). Educational and training system design. Enschede, The Netherlands: Univercity of Twente.

Stein, Steven J. dan Howard (2003). E Book, Ledakan EC?, 15 Prinsip DasarKecerdasan Emosional Meroih Sukses. Bandung: Kaifa.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.

Article Metrics

Sari view : 13 times
Tidak berjudul - 6 times